Teori Konsumsi Siklus Hidup

Perilaku rumah tangga di dalam perekonomian makro digambarkan dengan fungsi konsumsi yang menurut teori konsumsi Keynesian adalah konsumsi fungsi positif pendapatan. Pada rumah tangga yang berpendapatan tinggi, konsumsi rumah tangga menduduki porsi yang lebih kecil daripada rumah tangga yang berpendapatan rendah. Rata-rata kecenderungan konsumsi (Average Propensity to Consume) adalah porsi dari pendapatan rumah tangga yang dikeluarkan untuk konsumsi. 

AVC = C/Y 

Teori Konsumsi Siklus Hidup 

Teori konsumsi ini merupakan perluasan dari teori Keynes. Teori ini menyatakan bahwa yang mendasari rumah tangga dalam membuat keputusan konsumsi seumur hidup adalah harapan akan pendapatan yang diterimanya seumur hidup. 

Keputusan mengkonsumsi lebih didasarkan pada pendapatan permanen yang diperoleh rumah tangga daripada pendapatan yang diperoleh saat sekarang. Yang dimaksud pendapatan permanen adalah tingkat rata-rata dari arus pendapatan yang diharapkan akan diterima seseorang pada waktu yang akan datang. 

Perubahan kebijakan pemerintah seperti tingkat pemajakan memiliki pengaruh pada perilaku rumah tangga dengan efek yang lebih besar pada perilaku rumah tangga jika harapan terhadap pendapatan yang permanen lebih besar daripada harapan akan pendapatan temporer. 

Keputusan Penawaran Tenaga Kerja 

Rumah tangga memutuskan konsumsi dan memutuskan menawarkan tenaga kerjanya secara serentak. Konsumsi tidak dapat dipisahkan dari pasar tenaga kerja karena dengan menjual tenaga kerja seseorang akan memperoleh pendapatan untuk membayar konsumsinya. 

Beberapa faktor yang menentukan jumlah tenaga kerja yang ditawarkan antara lain adalah tingkat upah, harga-harga barang dan jasa, kemakmuran, dan pendapatan lain-lain di luar dari pekerjaan. 

Suatu kenaikan tingkat upah menyebabkan biaya oportunitas waktu luang atau waktu santai mengalami kenaikan yang akan berpengaruh kepada tingginya penawaran tenaga kerja sehingga memunculkan suatu angkatan kerja yang jumlahnya lebih besar. Ini yang disebut sebagai pengaruh subsitusi dari kenaikan tingkat upah. Di sisi lain tingkat upah yang lebih tinggi berarti orang akan lebih banyak menggunakan waktu luang dengan mengurangi waktu bekerja. Ini yang disebut sebagai pengaruh pendapatan dari kenaikan tingkat upah. Berdasarkan data yang ada, pengaruh substitusi lebih besar dibanding pengaruh pendapatan. Sehingga upah yang lebih tinggi menyebabkan naiknya penawaran tenaga kerja. 

Harga juga mempunyai peranan yang penting dalam keputusan penawaran tenaga kerja. Tingkat upah nominal adalah tingkat upah yang dinyatakan dalam rupiah dalam waktu tertentu. Sedangkan tingkat upah riil adalah jumlah tingkat upah nominal yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Tenaga kerja tidak terlalu memperhatikan upah nominal mereka, mereka lebih memperhatikan daya beli dari upah. Dengan kata lain, lebih memperhatikan tingkat upah riil. 

Kemakmuran berfluktuasi mengikuti siklus kehidupan seseorang. Jika hal-hal lain dianggap konstan atau tetap, rumah tangga yang memiliki kekayaan lebih banyak akan mengkonsumsi lebih banyak pula. Hal itu akan terus berlangsung sepanjang waktu, baik sekarang dan yang akan datang. 

Adanya kenaikan yang tidak diharapkan yang berasal dari pendapatan dari luar kerja akan mempunyai pengaruh positif pada konsumsi rumah tangga. Suatu kenaikan kekayaan yang muncul tanpa diharapkan akan menyebabkan menurunnya penawaran tenaga kerja. Penurunan yang tidak diharapkan dari kekayaan akan menaikkan penawaran tenaga kerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teori Konsumsi Siklus Hidup"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar