Pengertian Uang dan Penawaran Uang

Pengertian Uang dan Penawaran Uang - Uang adalah sesuatu yang secara umum diterima sebagai media perdagangan. Uang dapat diartikan sebagai alat pembayaran, sebagai penyimpan nilai, dan sebagai satuan hitung. 

Uang sebagai alat pembayaran atau media di dalam perdagangan jauh lebih efisien dibandingkan barter. Barter adalah pertukaran langsung barang dengan barang lain dan jasa dengan jasa yang lain. Suatu sistem barter memerlukan dua pihak yang kebetulan ingin melakukan transaksi. Uang tidak memerlukan adanya dua pihak yang secara kebetulan ingin bertransaksi seperti tersebut di atas. Uang memperlancar fungsi dari ekonomi pasar. 

Uang sebagai alat penyimpan nilai di mana uang sebagai aset dapat digunakan untuk memindah daya beli dari satu periode ke periode yang lain. Uang adalah bersifat mudah dibawa kemana-mana dan dengan mudah dipertukarkan dengan barang-barang atau pun jasa-jasa setiap saat. Uang juga sebagai alat satuan hitung atau unit standard yang menyediakan cara konsisten untuk menghitung harga. 

Komoditas dan Uang 

Uang sebagai komoditas adalah barang yang digunakan sebagai uang yang juga mempunyai nilai intrinsik di dalam berbagai penggunaan yang lain. Emas adalah salah satu bentuk dari komoditas uang. 

Uang Fiat (Token Money) adalah uang yang secara intrinsik kurang bernilai. Legal Tender adalah uang yang oleh pemerintah yang dibutuhkan untuk disetujui dalam penyelesaian hutang-piutang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Uang dan Penawaran Uang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar