Bank Sentral dan Pengawasan Penawaran Uang

Bank Sentral dan Pengawasan Penawaran Uang  - Pengawasan bank sentral terhadap bank-bank dibawahnya terutama pengawasan terhadap jumlah uang yang beredar dapat dilakukan sebagai berikut: 

Rasio Cadangan 

· Rasio cadangan yang diperlukan membangun sebuah kaitan antara cadangan milik bank komersial dan simpanan uang yang boleh diciptakan oleh bank komersial. 

· Oleh karena itu, bank sentral membebaskan bank komersial untuk menciptakan tambahan simpanan dengan cara bank sentral memberikan pinjaman yang lebih banyak kepada bank komersial. Jika bank sentral menginginkan mengurangi penawaran uang, maka bank sentral akan mengurangi cadangan. 

Tingkat Diskonto 

· Bank-bank boleh meminjam dari bank sentral. Tingkat suku bunga yang mereka bayar kepada bank sentral disebut tingkat bunga diskonto (discount rate). 

· Bank-bank yang meminjam dari bank sentral menyebabakan suatu peningkatan dalam penawaran uang. Semakin tinggi tingkat diskonto, semakin besar biaya meminjam dana dan semakin sedikit pinjaman bank-bank komersial kepada bank sentral. 

· Moral Suasion adalah tekanan yang dimunculkan oleh bank sentral pada bank-bank dibawahnya untuk mencegah mereka meminjam terlalu besar dari bank sentral. 

Operasi Pasar Terbuka 

· Operasi pasar terbuka adalah jual-beli yang dilakukan oleh bank sentral atas surat-surat berharga pemerintah dalam pasar terbuka. Sebuah alat untuk memperluas atau membatasi jumlah cadangan di dalam system dan tentu saja berpengaruh kepada penawaran uang. 

· Operasi pasar terbuka sejauh ini merupakan alat yang paling berarti untuk mengontrol penawaran uang. 

· Pembelian surat berharga di pasar terbuka oleh bank sentral berakibat naiknya cadangan dan kenaikan di dalam penawaran uang yang jumlahnya sama dengan pelipatgandaan uang atas perubahan cadangan. Penjualan surat berharga dalam suatu pasar terbuka yang dilakukan oleh bank sentral menghasilkan suatu penurunan cadangan dan suatu penurunan penawaran uang dengan jumlah yang sama dengan pelipatgandaan uang karena perubahan cadangan. Operasi pasar terbuka lebih disukai sebagai alat untuk mengontrol peredaran uang karena: 

a. Dapat digunakan dengan tingkat presesi yang tinggi. 
b. Sangat fleksibel hampir tidak dapat diramalkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bank Sentral dan Pengawasan Penawaran Uang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar