Inflasi adalah Musuh Masyarakat Nomor 1

Pengertian Inflasi 

Setiap terjadi kenaikan harga, belum tentu hal tersebut merupakan inflasi. Dalam perekonomian mana pun, harga selalu berubah karena menyesuaikan diri dengan kondisi yang berubah. Sehingga tidak semua merupakan inflasi bila ada kenaikan harga. 

Inflasi merupakan naiknya tingkat harga-harga secara keseluruhan, dan terjadinya kenaikan harga-harga tersebut secara serempak. Sedangkan penurunan tingkat harga-harga secara keseluruhan dan serempak disebut deflasi. Dalam mengukur inflasi dan deflasi sejumlah besar barang dan jasa dihitung kenaikan atau penurunan harga rata-rata selama beberapa periode tertentu. Kenaikan tingkat harga keseluruhan yang berlangsung terus selama satu periode yang lama disebut inflasi berkepanjangan (sustained inflation). 

Benarkah Inflasi adalah Musuh Masyarakat Nomor 1? 

Secara umum banyak orang merasa takut dengan adanya inflasi, karena dengan kenaikan harga yang begitu cepat tetapi tidak diimbangi kenaikan pendapatan, maka akan merusak pendistribusian pendapatan. Sehingga masyarakat takut bila terjadi inflasi. 

Inflasi bukanlah sesuatu yang harus ditakuti atau dijadikan musuh. Hal tersebut dikarenakan adanya orang yang diuntungkan bila terjadi inflasi, seperti seorang kreditor saat ia meminjamkan uangnya kepada debitor, maka dia harus memperhitungkan akan adanya inflasi pada tahun yang akan datang. Sehingga kreditor melakukan peningkatan bunga yang melebihi perkiraan tingkat inflasi yang akan terjadi. Dan kreditor sendiri mendapat untung dari selisih tingkat bunga pinjaman tersebut dengan tingkat inflasi. Selisih tingkat bunga pinjaman dengan tingkat inflasi disebut tingkat bunga riil. 

Adanya biaya inflasi menyebabkan biaya administrasi yang terkait dengan penahanan uang yang tidak menentu. Biaya administrasi yang tidak pasti akan menyebabkan ketidak-efisienan dalam perkonomian. Hal ni dapat dicontohkan dengan seorang pemilik toko yang harus mengkalkulasikan ulang dan memasang ulang harga yang membutuhkan waktu untuk digunakan lebih efisien. 

Inflasi yang tidak diantisipasi secara teratur, maka akan menimbulkan tingkat resiko lebih tinggi berkaitan dengan investasi dalam perekonomian. Resiko yang semakin tinggi berhubungan dengan ketidakpastian yang semakin tinggi pula, sehingga akan menyebabkan investor enggan menanamkan modal dan membuat komitmen jangka panjang, sehingga berakibat menurunnya tingkat investasi serta prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang mengecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Inflasi adalah Musuh Masyarakat Nomor 1"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar