Pengaruh Tingkat Bunga terhadap Konsumsi

Pengaruh Tingkat Bunga terhadap Konsumsi - Kenaikan tingkat bunga akan menaikkan imbalan pada tabungan dan akan menurunkan konsumsi. Hal ini merupakan efek substitusi dari perubahan tingkat bunga. Sebaliknya, penurunan tingkat bunga akan menurunkan pendapatan di luar pekerjaan utama dan juga mengakibatkan penurunan konsumsi. 

Pada rumah tangga dengan kekayaan yang cukup besar, efek pendapatan dari perubahan tingkat bunga akan bekerja berlawanan dengan efek substitusi. Di sisi lain jika rumah tangga tersebut memiliki hutang, maka satu penurunan tingkat bunga berarti penurunan bunga yang harus dibayar sehingga efek pendapatan dan efek substitusi bekerja bersamaan. 

Perilaku Perusahaan: Investasi dan Keputusan Memperkerjakan Tenaga Kerja 

Pengertian input bagi suatu perusahaan adalah barang-barang dan jasa-jasa yang dibeli oleh perusahaan yang diubah menjadi output. Terdapat dua cara perusahaan untuk menambah stok kapital mereka yaitu: 

· Investasi pada pabrik dan peralatan. Investasi semacam ini merujuk pada pembelian mesin-mesin tambahan, pabrik-pabrik atau gedung-gedung oleh perusahaan pada satu periode tertentu. 

· Investasi pada persediaan. Hal ini dilakukan jika perusahaan memproduksi lebih banyak output dibanding dengan yang dijual dalam periode tertentu. 

Keputusan Mempekerjakan Tenaga Kerja 

Jika permintaan tenaga kerja meningkat pada saat kondisi perekonomian di bawah kondisi kesempatan kerja penuh, pengangguran akan turun. Jika permintaan tenaga kerja meningkat ketika kondisi kesempatan kerja penuh maka tingkat upah akan naik. 

Permintaan kapital baru atau pengeluran investasi yang direncanakan di mana sebagian ditentukan oleh tingkat suku bunga, merupakan hal yang sama pentingnya dengan permintaan tenaga kerja 

Keputusan berapa banyak output akan dihasilkan merupakan keputusan yang berhubungan dengan metode produksi atau teknologi. Sebuah perusahaan yang berorientasi untuk memaksimumkan keuntungan memilih teknologi yang paling efisien yaitu teknologi yang meminimumkan biaya produksi. 

Teknologi yang paling efisien bergantung pada harga relatif dari kapital dan tenaga kerja. Jenis-jenis teknologi antara lain yaitu: 

a. Teknologi intensif tenaga kerja merupakan suatu teknik produksi yang menggunakan banyak tenaga kerja relatif terhadap kapital 

b. Teknologi intensif kapital adalah teknologi produksi yang menggunakan banyak kapital relatif terhadap tenaga kerja 

Pengaruh relatif suatu perluasan output terhadap kesempatan kerja dan permintaan investasi tergantung pada tingkat upah dan biaya modal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Tingkat Bunga terhadap Konsumsi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar