Jenis-Jenis Pengangguran

Pengangguran Friksional 

Adalah pengangguran yang disebabkan karena jenis pekerjaan memerlukan kenaikan skill atau peningkatan ketrampilan pekerja. Ketrampilan yang lebih tinggi dibutuhkan oleh para pengguna tenaga kerja sulit ditemukan pada ketrampilan yang dimiliki oleh para pekerja. Sehingga pengangguran friksional dalam perekonomian akan terjadi. Pengangguran friksional tidak akan pernah mencapai angka nol. 

Pengangguran Struktural 

Yaitu bagian dari pengangguran disebabkan perubahan struktur perekonomian. Perubahan struktur perekonomian ini membuat sejumlah pekerja kehilangan pekerjaan. Contoh, perubahan struktur yang cukup cepat dari struktur ekonomi yang bersifat agraris menuju perekonomian ke arah dominasi sektor industri yang lebih besar akan menyebabkan sejumlah tenaga kerja yang berada di sektor agraris atau pertanian akan kehilangan pekerjaan. 

Pengangguran Akibat Siklus Bisnis atau Siklus Ekonomi 

Yaitu naiknya pengangguran yang terjadi akibat resesi atau depresi pada suatu perekonomian. 

Output, kesempatan kerja, dan pengangguran merupakan variabel yang saling berhubungan. Jika perekonomian memproduksi lebih banyak barang dan jasa maka akan lebih banyak tenaga kerja yang digunakan didalam aktivitas produksi. Atau yang terjadi jumlah tenaga kerja yang ada harus mampu memproduksi lebih banyak. Jika dihubungkan dengan pernyataan tersebut di atas, yang pertama menggambarkan suatu kenaikan kesempatan kerja. Sedangkan kedua, menunjukkan kenaikan produktivitas per pekerja. Kenaikan produktivitas merupakan penyebab utama pertumbuhan ekonomi. 

Satu kenaikan tingkat pengangguran akan menyebabkan output turun dan sebagian orang kehilangan pekerjaan. Dapat disimpulkan hubungan variabel output dan kesempatan kerja sebagai berikut: ”Jika jumlah angkatan kerja tidak berubah dan produktivitas tenaga kerja konstan, maka tingkat pengangguran mempunyai hubungan yang berlawanan dengan output perekonomian. Yaitu jika output perekonomian mengalami pertumbuhan yang tinggi maka tingkat pengangguran akan kecil dan sebaliknya”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Pengangguran"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar