Pengertian dan Pengukuran Pengangguran

Pengertian dan Pengukuran Pengangguran - Pengangguran merupakan salah satu gejala terjadinya resesi dalam perekonomian. Orang yang bekerja merupakan orang yang berusia 16 tahun ke atas yang bekerja (1) guna mendapatkan upah, entah bekerja untuk orang lain atau menjalankan bisnisnya sendiri selama satu jam atau lebih per minggu. (2) tanpa upah selama 15 jam atau lebih per minggu dalam perusahaan keluarga. (3) mempunyai pekerjaan tapi absen sementara, dengan atau tanpa upah (Case-Fair, 2002; hal. 50) 

Orang yang tidak bekerja dapat dimasukkan dalam dua kategori, yaitu menganggur dan orang yang tidak termasuk angkatan kerja. Orang yang dianggap menganggur adalah orang yang berusia 16 tahun ke atas yang tidak bekerja, yang siap bekerja, dan melakukan usaha spesifik untuk menemukan pekerjaan selama empat minggu sebelumnya. Sedangkan orang yang tidak termasuk angkatan kerja adalah orang yang tidak mencari pekerjaan, entah karena tidak ingin bekerja atau karena berhenti mencari semisal para pelajar, pensiunan dan sebagainya. 

Angkatan kerja total dalam perekonomian adalah jumlah orang yang dipekerjakan plus jumlah pengangguran yang mungkin mendapatkan pekerjaan. Secara matematis sebagai berikut: 

Angkatan kerja = oranng yang bekerja + orang yang menganggur 

Penduduk total yang berusia 16 tahun atau lebih sama dengan jumlah angkatan kerja ditambah jumlah yang tidak termasuk angkatan kerja. Secara matemastis sebagai berikut: 

Jumlah penduduk = angkatan kerja + yang tidak termasuk angkatan kerja 

Dengan diketahuinya angkatan kerja dan penduduk total maka kita dapat menghitung tingkat pengangguran yang terjadi. Tingkat pengangguran merupakan perbandingan jumlah orang yang menganggur terhadap jumlah orang dalam angkatan kerja. 


Pengangguran merupakan suatu masalah dalam perekonomian karena: 

a. Tenaga kerja yang menganggur menimbulkan kerugian produksi dan pendapatan. 

b. Hilangnya sebagian modal manusia karena pengangguran yang permanen merusak prospek kerja seseorang sehingga merusak modal manusia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Pengukuran Pengangguran"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar