Investasi Pada Persediaan

Investasi Pada Persediaan - Menghitung stok persediaan pada akhir suatu periode dapat dilakukan sebagai berikut: 

Stok persediaan (akhr periode) = stok persediaan (awl periode) + produksi – penjualan 

Persedian-persedian dihitung sebagai bagian dari kapital stok perusahaan. Tingkat persediaan yang optimum adalah tingkat persediaan dimana biaya tambahan dari pengurangan sedikit persedian sama dengan tambahan keuntungan (dengan tingkat revenue yang diinginkan dan penurunan biaya penyimpanan). 

Hal tersebut di atas menggambarkan trade-off antara persedian yang ditahan dan tingkat produksi. Karena adanya biaya penyesuaian, sebuah perusahaan mampu menyeimbangkan secara relatif antara jalur produksi dan tingkat penjualan. Produksi seharusnya tidak berfluktuasi sesering penjualan, dengan adanya perubahan persediaan yang berbeda di tiap periode. 

Peningkatan persediaan yang tidak diharapkan memiliki efek negatif terhadap produksi yang akan datang dan penurunan yang tidak diharapkan dalam persediaan memiliki efek postif pada produksi di masa yang akan datang. 

Suatu jalur produksi yang direncanakaan oleh perusahaan tergantung pada tingkat penjualan pada masa yang akan datang. Harapan penjualan pada masa akan datang memiliki efek penting pada produksi yang sedang berjalan. 

Secara singkat dapat disebutkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan investasi perusahaan serta keputusan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Faktor-faktor tersebut antara lain: 

· Tingkat upah dan biaya kapital 
· Harapan perusahaan akan output yang akan datang 
· Jumlah kelebihan tenaga kerja dan kelebihan kapital yang ada. 

Ada kaitan penting antara produksi, penjualan dan investasi persediaan. Kaitan-kaitan tersebut antara lain: 

· Investasi persediaan, yang merupakan perubahan pada stok persediaan, bersumber dari perhitungan produksi yang dikurangkan dengan penjualan. 
· Sebuah kenaikan yang tidak diharapkan pada stok persediaan memiliki efek negatif pada produksi yang akan datang. 
· Tingkat produksi pada saat ini bergantung pada harapan akan penjualan yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Investasi Pada Persediaan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar