Jenis-Jenis dari Lembaga Penyimpanan Dana

Ada tiga jenis dari Lembaga Penyimpanan Dana yaitu: 

Bank-bank komersial. Sebuah bank komersial adalah perusahaan yang memiliki izin untuk menerima simpanan dana dan meminjamkan dana. Pada tahun 2008 sekitar 7000 bank komersial beroperasi di Amerika Serikat. Tetapi banyak merger perusahaan yang terjadi sehingga membuat jumlahnya berkurang setiap tahun. Seiring dengan berkurangnya bank-bank kecil dan semakin berkembangnya bank-bank besar. Sejumlah bank komersial yang cukup besar menawarkan banyak pelayanan perbankan dan beroperasi di tingkat internasional. Yang termasuk bank-bank terbesar asal AS antara lain: Bank of America, dan CitiGroup. Sebagian besar bank komersial berskala kecil dan memberikan layanan pada masyarakat di tingkat lokal. 

Lembaga penyimpan uang. Lembaga simpan-pinjam, bank-bank tabungan, dan lembaga Credit Union termasuk dalam lembaga penyimpan uang. Lembaga Simpan-Pinjam adalah sebuah lembaga penyimpan uang yang memberikan pelayanan tabungan dan memberikan pinjaman untuk personal, komersil, dan kredit pemilikan rumah. Bank Tabungan adalah lembaga penyimpan uang yang menerima simpanan tabungan dan memberikan banyak kredit pemilikan rumah. Di Indonesia sebagai contoh adalah Bank Tabungan Negara atau BTN. Sebuah Lembaga Credit Union adalah lembaga penyimpan uang yang dimiliki oleh kelompok social atau kelompok ekonomi seperti koperasi pegawai yang menerima tabungan dan memberikan pinjaman yang bersifat personal. Simpanan-simpanan yang dilakukan oleh lembaga penyimpanan dana mewakili 10% dari M1 dan 18% dari M2. 

Pasar penukaran uang. Pasar penukaran adalah system pendanaan yang dioperasikan oleh lembaga keuangan yang menjual saham dan surat-surat berharga seperti obligasi pemerintah dan surat dagang jangka pendek. Pasar penukaran uang bertindak sebagaimana bank tabungan. Para pemilih saham bisa menuliskan cek pada rekening penukaran uang mereka, tapi terdapat banyak batasan-batasan pada jenis tersebut. Pasar penukaran uang ini tidak muncul di M1 tetapi mempresentasikan 13% M2.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis dari Lembaga Penyimpanan Dana"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar