3 Jenis Motif Permintaan Uang

Hal yang penting yang berhubungan dengan studi permintaan uang adalah bagaimana aset keuangan yang dimiliki akan ditahan dalam bentuk uang. Di mana aset tersebut tidak akan menghasilkan penerimaan bunga. Hal ini berlawanan dengan berapa banyak surat berharga akan ditahan untuk memperoleh suku bunga dari surat berharga. Hal di atas merupakan pilihan antara likuiditas uang dan pendapatan bunga yang ditawarkan dari jenis-jenis aset lainnya. 

Permintaan uang didasari oleh tiga jenis motif yaitu: 

a. Motif transaksi. Motif ini mempunyai alasan bahwa masyarakat menahan uang untuk membeli barang-barang. Asumsi yang bersifat menyederhanakan di dalam mempelajari permintaan uang untuk transaksi adalah (1) Hanya terdapat dua jenis aset-aset yang tersedia untuk rumah tangga yaitu obligasi dan uang tunai, (2) Rumah tangga mempunyai penghasilan setiap bulan, yaitu penghasilan yang diterima setiap awal bulan, (3) Pengeluaran rumah tangga itu jumlahnya sama untuk setiap hari, (4) Pengeluaran besarnya sama dengan pendapatan setiap bulan. 

b. Motif berjaga-jaga. Motif memegang uang untuk berjaga-jaga bertujuan untuk penyediaan uang bagi hal-hal yang tidak dapat diramalkan pada sisi pengeluaran rumah tangga. Motif berjaga-jaga tergantung kepada tingkat pendapatan nasional. Jika pendapatan nasional mengalami kenaikan maka permintaan uang untuk berjaga-jaga akan mengalami kenaikan pula, demikian sebaliknya. 

c. Motif spekulasi adalah alasan untuk memegang obligasi daripada memegang uang. Karena nilai pasar dari bunga obligasi berhubungan terbalik dengan tingkat suku bunga, sehingga investor lebih memilih untuk menahan obligasi ketika tingkat suku bunga tinggi. Dengan harapan ketika mereka menjualnya tingkat suku bunga jatuh. Harga obligasi yang lebih tinggi berarti bahwa pembeli obligasi akan melakukan pembelian ketika suku bunga lebih rendah dari sebelumnya. Ketika suku bunga tinggi dan harapan agar suku bunga turun permintaan untuk obligasi akan tampak tinggi dan permintaan uang akan rendah, demikan pula sebaliknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Jenis Motif Permintaan Uang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar