Dasar dari Pertumbuhan Ekonomi

Dasar dari Pertumbuhan Ekonomi - Pertumbuhan ekonomi merupakan ekspansi yang terus menerus dari kemungkinan-kemungkinan produksi yang diukur sebagai peningkatan pada GDP riil pada suatu waktu tertentu. 

Tingkat pertumbuhan ekonomi adalah persentase perubahan GDP riil. Tingkat pertumbuhan ekonomi menjelaskan seberapa cepat perekonomian semakin meluas. 

Standar kehidupan seseorang bergantung pada GDP riil per orang. GDP riil per orang adalah GDP riil dibagi jumlah penduduk. GDP riil per orang tumbuh jika GDP riil tumbuh lebih cepat dari pertumbuhan penduduk. 

Keajaiban Pertumbuhan yang Terus Menerus 

Aturan 70 (rule of 70) menyatakan bahwa jumlah tahun yang dibutuhkan untuk menggandakan tingkat variabel adalah kurang lebih 70 dibagi persentase tingkat pertumbuhan variabel per tahun. 

Pertumbuhan GDP Potensial 

Pertumbuhan ekonomi terjadi ketika GDP riil meningkat. Namun, kenaikan yang sesaat pada GDP riil atau kondisi pemulihan pasca resesi ekonomi bukanlah pertumbuhan ekonomi. Karena pertumbuhan ekonomi diasumsikan sebagai pertumbuhan yang terus menerus, meningkatnya GDP potensial dari tahun ke tahun. 

GDP potensial adalah kuantitas GDP riil yang dihasilkan ketika jumlah tenaga kerja yang bekerja berada pada jumlah kesempatan kerja penuh. Untuk menentukan GDP potensial, digunakan sebuah model yang mencakup dua komponen penting, yaitu: 

· Fungsi produksi agregat 

· Pasar tenaga kerja agregat Fungsi produksi agregat menjelaskan bagaimana GDP riil berubah seiring perubahan jumlah tenaga kerja ketika hal-hal lain yang dapat mempengaruhi produksi tetap sama. Kenaikan pada jumlah tenaga kerja juga meningkatkan GDP riil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dasar dari Pertumbuhan Ekonomi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar