Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro

Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro - Ilmu ekonomi dibagi menjadi dua yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Kelahiran ekonomi makro dilatar belakangi depresi besar dunia yang melanda negara-negara maju dan meluas keseluruh dunia pada tahun 1930an. Dalam ekonomi makro terdapat tiga permasalahan pokok yang dibahas yaitu inflasi, pertumbuhan output dan pengangguran. Inflasi merupakan gejala kenaikan harga yang berlangsung secara serentak, bila terjadi pada tingkat yang rendah tidak akan membahayakan kondisi perekonomian, tetapi bila terjadi pada tingkat yang tinggi akan sangat merugikan perekonomian karena daya beli masyarakat akan menurun secara tajam. Hal ini berarti terjadi penurunan tingkat kesejahteraan masyarakat terutama yang berpenghasilan kecil dan relatif tetap. 

Perutumbuhan ekonomi yang terjadi dari waktu ke waktu merupakan ukuran kasar tercapainya tingkat kesejahteraan masyarakat terutama dilihat dari persediaan barang dan jasa yang diperlukan sebagai alat pemuas kebutuhan masyarakat bersangkutan. Persoalan ketimpangan distribusi pendapatan masyarakat tidak dapat diatasi dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi demikian pula pemecahan masalah kemiskinan tidak dengan serta merta diatasi melalui upaya mendorong pertumbuhan ekonomi secara terus menerus. 

Tingkat pengangguran tenaga kerja tidak akan pernah mencapai nol didalam sebuah perekonomian masyarakat. Di negara yang sedang berkembang, pengangguran tenaga kerja cenderung tinggi dan memiliki berbagai jenis dan sifat pengangguran. Upaya mengatasi masalah-masalah inflasi, pertumbuhan output serta mengurangi jumlah tenaga kerja yang menganggur sering mengalami trade-off melalui penerapan berbagai kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Sehingga jenis kebijakan yang dipilih didasarkan pada prioritas penanganan masalah yang paling mendesak. 

Yang akan Anda pahami setelah mempelajari bab ini adalah: 
  1. Pengertian ilmu ekonomi, ekonomi makro dan ekonomi mikro. 
  2. Perkembangan ekonomi makro dan fokus pembahasan ekonomi makro seperti: inflasi, pertumbuhan output, pengangguran. 
  3. Peranan pemerintah dalam ekonomi makro meliputi: kebijakan fiskal, kebijakan moneter, kebijakan pertumbuhan. 
  4. Fluktuasi ekonomi dalam jangka pendek maupun jangka panjang dengan penjelasan tentang siklus bisnis. 
Menurut Alferd Marshall, ekonom besar di abad ke-19 berkata bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Pentingnya belajar ilmu ekonomi ini didasari dengan tiga alasan yaitu alasan yang pertama adalah karena ilmu ini akan membantu anda memahami dunia yang anda jadikan sebagai tempat tinggal. Alasan yang kedua, karena ilmu ini akan menjadikan anda peserta atau masyarakat yang lebih cerdas dalam perekonomian. Sedangkan alasan yang ketiga, karena ilmu ini akan memberikan anda pemahaman yang lebih baik mengenai potensi dan kemampuan kebijakan ekonomi. 

Dalam ilmu ekonomi dibagi menjadi dua cabang ilmu yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro. Ilmu ekonomi mikro merupakan ilmu yang mempelajari fungsi masing-masing industri dan perilaku masing-masing unit pengambilan keputusan, khususnya perusahaan bisnis dan rumah tangga, dengan asumsi tertentu. 

Sedangkan ilmu ekonomi makro tidak memusatkan perhatian pada faktor-faktor yang mempengaruhi produksi produk-produk tertentu dan perilaku masing-masing industri, tapi pada penentu jumlah output nasional total. Atau dengan kata lain ilmu ekonomi makro merupakan studi tentang perekonomian secara menyeluruh dan lingkup masalahnya lebih komplek serta lebih luas daripada ilmu ekonomi mikro

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar