Peranan Pemerintah Dalam Ekonomi Makro

Peranan Pemerintah Dalam Ekonomi Makro - Ilmu ekonomi makro selalu menaruh perhatian yang begitu besar terhadap peranan pemerintah dalam menangani masalah-masalah yang ada pada negara mereka masing-masing. Adapun kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi perekonomian makro. Kebijakan tersebut ada tiga jenis, yaitu kebijakan fiskal, kebijakan moneter, dan kebijakan pertumbuhan. 

Kebijakan Fiskal 

Kebijakan fiskal merupakan salah satu cara pemerintah mempengaruhi perekonomian melalui keputusan pajak dan pengeluaran pemerintah. Pada tahun 1930-an Keynes mengeluarkan suatu gagasan bahwa kebijakan fiskal dapat dan hendaknya digunakan untuk menstabilkan tingkat output dan peluang kerja. Atau dengan kata lain Keynes yakin pemerintah memotong pajak atau menaikkan pengeluaran bila terjadi penurunan dalam perekonomian, sebaliknya pemerintah menaikkan pajak atau menurunkan pengeluaran untuk mengeluarkan perekonomian dari inflasi. 

Kebijakan Moneter 

Selain pajak dan pengeluaran ada lagi variabel yang dikendalikan oleh pemerintah, yaitu jumlah uang beredar. Adanya kendali pemerintah pada jumlah uang yang beredar di perekonomian sehingga pemerintah membutuhkan suatu lembaga yang disebut bank sentral. Bank sentral di Indonesia bernama Bank Indonesia (BI), sedangkan di Amerika Serikat bernama Federal Reserve (FED). 

Adanya bank sentral tersebut tidak hanya mengendalikan jumlah uang beredar, karena jumlah uang yang beredar yang ditawarkan bank sentral akan mempengaruhi tingkat harga keseluruhan, tingkat suku bunga dan tingkat kurs mata uang asing, tingkat pengangguran dan tingkat output. Sehingga para ahli ilmu ekonomi makro mengalami keraguan untuk menetapkan seberapa luas pengaruh dari kebijakan moneter. 

Kebijakan Pertumbuhan 

Banyak ahli ekonomi tidak percaya akan kemampuan pemerintah untuk mengatur siklus bisnis secara akurat dengan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Menurut mereka seharusnya kebijakan pemerintah fokus terhadap bagaimana merangsang penawaran agregat sehingga dapat merangsang pertumbuhan potensial, output yang potensial, dan pendapatan agregat. 

Kekhawatiran para ahli ekonomi makro adalah kebijakan pemerintah untuk membiayai pengeluaran yang lebih tinggi atau defisit dari pengumpulan pajak, sebenarnya menguras seluruh simpanan (tabungan) yang seharusnya mengalir ke dunia bisnis untuk digunakan sebagai investasi modal. Sedangkan kebijakan pemerintah yang mendukung pertumbuhan adalah dengan menurunkan tarif pajak, sehingga mendorong masyarakat untuk bekerja, menabung, dan melakukan investasi. 

Siklus Bisnis 

Ilmu ekonomi makro membahas baik tren jangka panjang maupun fluktuasi jangka pendek yang merupakan bagian dari siklus bisnis. Dan kebanyakan variabel ekonomi makro mengalami gelombang naik dan turun sepanjang waktu, dan perekonomian secara keseluruhan mengalami periode kemakmuran dan periode resesi. Salah satu ukuran ekonomi adalah jumlah barang dan jasa yang diproduksi selama setahun atau Gross Domestic Product (GDP). Saat kita membahas tentang tingkat pertumbuhan rata-rata maka sesungguhnya perekonomian tidak konstan beberapa tahun, tapi mengalami pertumbuhan yang bisa di bawah target ataupun di atas target yang telah ditentukan. Sehingga kita perlu membedakan antara tren kinerja ekonomi jangka panjang atau sekuler dan variasi jangka pendek atau siklikal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peranan Pemerintah Dalam Ekonomi Makro"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar