Anggaran Pemerintah yang Defisit (Budget Deficit)

Anggaran Pemerintah yang Defisit (Budget Deficit) - Pengertian anggaran pemerintah yang defisit adalah perbedaan antara pengeluaran pemerintah (G) dan penerimaan pemerintah dari pajak-pajak (T) di dalam satu periode tertentu. 
Anggaran Defisit = G – T 

Jika dalam kondisi pengeluaran pemerintah (G) melampaui besarnya penerimaan pemerintah dari pajak-pajak (T) pemerintah harus melakukan pinjaman kepada masyarakat untuk membiayai defisit anggaran tersebut. Hal itu dapat dilakukan dengan menjual obligasi pemerintah. Dalam kondisi seperti ini sebagian dari tabungan masyarakat (S) berada di pemerintah. 

Jika pajak-pajak dimasukkan ke dalam fungsi konsumsi rumah tangga maka bentuk fungsi konsumsi rumah tangga sebagai berikut: 

C = a + bY 
C = a + bYd Yd = Y – T 
C = a + b (Y – T) 

Dari persamaan fungsi konsumsi di atas, fungsi konsumsi agregat adalah suatu fungsi disposable income atau pendapatan setelah dikurangi pajak. 

Jika diketahui: 

Fungsi konsumsi: C = 100 + 0,75 Yd, Investasi: I = 100, Pengeluaran pemerintah: G = 100 dan Pajak: T = 100. Untuk mendapatakan output keseimbangan: Y = C + I + G. 

Output keseimbangan dapat diihat pada tabel 5.1. Di mana Y = C + I + G, ketika Y = 900. Ketika Y di bawah 900, output cenderung naik dan ketika output d atas 900, output cenderung turun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anggaran Pemerintah yang Defisit (Budget Deficit)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar