Neraca Pembayaran Dan Nilai Tukar Mata Uang

Neraca Pembayaran Dan Nilai Tukar Mata Uang - Ketika orang-orang dari negara yang berbeda melakukan jual beli, terjadilah pertukaran mata uang. Nilai tukar mata uang adalah harga mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain. Dengan kata lain merupakan perbandingan dimana dua mata uang saling dipertukarkan. 

Dalam beberapa hal yang menyebabkan pertukaran mata uang yang berbeda, ada perdagangan yang dilakukan oleh dua negara. Karena setiap negara melakukan spesialisasi dalam produksi barang, terjadi keunggulan komparatif yang membuat perdagangan menjadi saling menguntungkan. 

Pertukaran mata uang internasional harus diatur dengan sebuah cara yang memungkinkan kedua pihak yang melakukan transaksi menggunakan mata uang milik mereka sendiri. Pada abad sebelumnya, hampir semua mata uang dinilai dengan emas, yang memiliki nilai tetap berdasar berat emas dalam satuan ons. Nilai dari ukuran berat emas inilah yang akan menentukan nilai uang dalam perdagangan internasional. Atau dapat disebut sebagai nilai tukar mata uang. 

Neraca pembayaran merupakan catatan dari transaksi yang dilakukan suatu negara atas perdagangan internasional untuk barang, jasa dan aset. Neraca pembayaran juga merupakan catatan sumber-sumber (penawaran) dan penggunaan (permintaan) mata uang asing. Yang disebut dengan mata uang asing diartikan sebagai mata uang yang berbeda dengan mata uang domestik suatu negara tertentu. 

Transaksi berjalan sebuah negara adalah penjumlahan dari: 

· Ekspor netto (ekspor dikurangi impor) 
· Pendapatan bersih yang diperoleh dari investasi luar negeri 
· Transfer payment bersih yang diterima dari luar negeri. 

Ekspor dapat menghasilkan valuta asing dan pada transaksi berjalan berada pada sisi kredit (+). Sebaliknya, impor menggunakan valuta asing dan pada transaksi berjalan berada pada sisi debit (-). Sementara yang disebut neraca perdagangan adalah perbedaan antara ekspor barang dan jasa suatu negara dengan impor barang dan jasa negara tersebut. Defisit perdagangan terjadi ketika impor suatu negara lebih besar daripada ekspornya. 

Pendapatan investasi berasal dari kepemilikan aset asing yang meliputi dividen, bunga, hasil sewa dan keuntungan yang dibayarkan kepada pemilik aset. Transfer payment bersih merupakan selisih antara pembayaran yang berasal dari suatu negara kepada negara lain terhadap pembayaran yang diterima negara tersebut dari negara lain. 

Neraca pada transaksi berjalan merupakan penjumlahan dari ekspor bersih barang, ekspor bersih jasa, pendapatan investasi bersih dan transfer payment bersih. Hal ini menunjukkan perbandingan antara banyaknya pengeluaran yang dilakukan oleh suatu negara relatif terhadap hasil yang diperoleh negara tersebut. Untuk setiap transaksi yang tercatat pada transaksi berjalan, terdapat transaksi tercatat sebagai transaksi modal. Transaksi modal ini mencatat perubahan yang terjadi atas aset dan passiva. 

Dengan asumsi tidak ada kesalahan, neraca pada transaksi modal sama dengan negatif neraca pada transaksi berjalan. Jika transaksi modal menunjukkan angka yang positif, maka perubahan aset asing yang berada pada negara tersebut lebih besar dari perubahan aset yang dimiliki negara tersebut di luar negeri. Hal ini menujukkan menurunnya kekayaan bersih yang dimiliki negara tersebut. Kekayaan bersih yang dimiliki sebuah negara merupakan penjumlahan dari neraca transaksi berjalan pada tahun-tahun yang telah terlampaui. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Neraca Pembayaran Dan Nilai Tukar Mata Uang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar