GDP/GNP Per Kapita

GDP/GNP Per Kapita Perbedaan antara GDP dengan GNP adalah perbedaan konsepnya, bila GDP menghitung pendapatan nasional berdasarkan konsep kewilayahan sedangkan GNP berdasarkan konsep kewarganegaraan. GDP atau GNP terkadang diukur dalam bentuk GDP atau GNP per kapita yang berarti GDP atau GNP negara dibagi dengan jumlah penduduknya. Sehingga GDP atau GNP per kapita menjadi ukuran tentang kesejahteraan orang secara rata-rata yang lebih baik daripada GDP atau GNP total.

Beberapa Indikator Yang Diusulkan Untuk Penyesuaian, Pengganti Dan Melengkapi Konsep GDP

Berbagai keterbatasan yang terdapat pada GDP baik sebagai pengukur kesejahteraan masyarakat maupun ketidakmampuan GDP mencerminkan kualitas lingkungan hidup serta banyaknya kegiatan-kegiatan dalam masyarakat yang tidak tercatat dalam perhitungan GDP, telah menimbulkan banyak kritik dan usulan-usulan terhadap konsep GDP. Jika dikelompokkan terdapat 3 kelompok usulan yang mempunyai sifat:

1.      Katergori penyesuain terhadap konsep GDP sebagai konsep ekonomi yang tradisional dengan memasukkan faktor lingkungan dan sosial. Indikator yang diusulkan antara lain seperti measure economic welfare (MEW), genuine progress indicator (GPI), green GDP.

2.      Kategori yang ingin mengganti indikator dalam GDP untuk mengukur kesejahteraan masyarakat secara langsung. Dengan menggunakan pendekatan kebutuhan dasar manusia seperti human development index atau penaksiran terhadap kepuasan rata-rata seperti happy planet index.

3.      Kategori untuk melengkapi GDP dengan menambah informasi tentang lingkungan dan sosial.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GDP/GNP Per Kapita"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar