Pengertian Sumber Hukum Internasional

Pengertian Sumber Hukum Internasional - Pada azasnya, sumber hukum terbagi menjadi dua, yaitu: sumber hukum dalam arti materiil dan sumber hukum dalam arti formal. Sumber hukum dalam arti materiil adalah sumber hukum yang membahas materi dasar yang menjadi substansi dari pembuatan hukum itu sendiri. 

Sumber hukum dalam arti formal adalah sumber hukum yang membahas bentuk atau wujud nyata dari hukum itu sendiri. Dalam bentuk atau wujud apa sajakah hukum itu tampak dan berlaku. Dalam bentuk atau wujud inilah dapat ditemukan hukum yang mengatur suatu masalah tertentu. 

Sumber hukum internasional dapat diartikan sebagai: 

1. Dasar kekuatan mengikatnya hukum internasional; 
2. Metode penciptaan hukum internasional; 
3. Tempat diketemukannya ketentuan-ketentuan hukum internasional yang dapat diterapkan pada suatu persoalan konkrit. (Burhan Tsani, 1990; 14) 

Menurut Pasal 38 ayat (1) Statuta Mahkamah Internasional, sumber-sumber hokum internasional yang dipakai oleh Mahkamah dalam mengadili perkara, adalah: 

1. Perjanjian internasional (international conventions), baik yang bersifat umum, maupun khusus; 
2. Kebiasaan internasional (international custom); 
3. Prinsip-prinsip hukum umum (general principles of law) yang diakui oleh negara-negara beradab; 
4. Keputusan pengadilan (judicial decision) dan pendapat para ahli yang telah diakui kepakarannya, yang merupakan sumber hukum internasional tambahan. (Phartiana, 2003; 197)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sumber Hukum Internasional"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar