Wawancara/Interview Posisi Marketing di Bank

Wawancara/Interview Posisi Marketing di Bank - Berikut ini merupakan beberapa contoh pertanyaan wawancara di bank atau bidang perbankan terutama untuk posisi Marketing dimana sebelumnya kita sudah membahas pertanyaan umum wawan cara pada bank. Pengertian dan jawaban pertanyaan dibawah ini adalah jawaban yang umum, anda bisa mencari referensi yang lebih sempurna jika artikel ini tidak memuaskan anda.

Untuk Posisi Marketing, sering muncul pertanyaan berikut ini

Menurut anda apa defenisi marketing secara umum dan marketing khusus untuk perbankan?
Marketing itu bagaimana memasarkan suatu produk strategi agar produk yg anda miliki dapat terjual dan menghasilkan keuntungan untuk perusahaan. 
Marketing bank terbagi 2 untuk kredit dan funding, untuk kredit bagaimana anda dapat menawarkan kpada nasabah untuk mengambil fasilitas kredit di bank anda kredit usaha untuk modal kerja dan investasi kredit konsumsi untuk pemilikan rumah dan mobil jika funding anda menawarkan kepada nasabah untuk menyimpan dana di bank anda baik berupa deposito, giro dan tabungan

Menurut anda bagaimanakah cara seorang marketing perbankan dalam mencari nasabah? 
-membuat iklan di media informasi
-gunakan jejaring sosial & chat untuk promosi (tapi jgn terlalu gamblang ntar orang ga mau liat)
-berikan produk2 tersebut diskon, krn orang tertarik pada hal seperti diskon ato yg gratisan
-usahakan sasaran konsumennya sesuai dgn produk anda, sehingga mereka berpikir untuk membeli
-gunakan tenaga ahli (jubir) untuk menggaet pelanggan,
-ketika menyampaikan produk anda gunakan kata yg santun, berbobot, dan jelas. untuk menunjukkan anda sendiri yakin dgn produk yg anda jual
-tonjolkan sisi positif produk anda dibandingkan dgn produk lain.
-jgn pernah memaksa konsumen untuk membeli dari anda, biarkan mereka berpikir dulu. klo dipaksa mereka mungkin hanya beli sedikit dan kecewa. jika mereka yg memilih anda, berarti anda telah mereka percayai.
-apapun yg terjadi, JANGAN ACUHKAN SARAN DAN KOMPLAIN KONSUMEN, ini menentukan nasib anda. klo mereka kecewa dan tidak dilayani, mereka akan menjelekkan produk anda kepada orang di seluruh dunia.
-berikan pelayanan sebaik mungkin, jika konsumen senang mereka akan merekomendasikan produk anda kpd teman mereka
Sebutkan produk perbankan yang anda ketahui! 

1. Kredit Pasif
Bank menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan yang berupa hal berikut ini.
a. Giro yaitu simpanan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan cara pemindahbukuan.
b. Deposito berjangka yaitu simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpanan dengan bank yang bersangkutan. 
c. Sertifikat deposito yaitu deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperdagangkan. 
d. Tabungan yaitu simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek atau alat yang dipersamakan dengan itu. 
e. Surat berharga yaitu surat pengakuan utang, wesel, saham, obligasi yang lazim diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uang.
2. Kredit Aktif
Bank menyalurkan atau melayani pemberian kredit kepada masyarakat, baik berupa kredit jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Adapun jenis kredit yang termasuk kredit aktif antara lain sebagai berikut. 
a. Kredit rekening koran (R/K), artinya kredit yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya dengan jaminan surat-surat berharga, barang dalam gudang atau barang bergerak. 
b. Kredit Reimburs (Letter of Credit), artinya kredit yang diberikan dengan cara mambayar harga pembelian suatu barang setelah nasabah memperlihatkan bukti-bukti pengiriman barang antarnegara. 
c. Kredit aksep, artinya kredit yang diberikan dengan cara menandatangani wesel yang ditarik oleh nasabah dan dijual ke bank. 
d. Kredit dokumenter, artinya kredit yang diberikan atas jaminan dokumen yang diserahkan ke bank. 
e. Kredit dengan jaminan surat-surat berharga, artinya kredit yang diberikan kepada nasabah untuk membeli surat-surat berharga.

3. Jasa Pembayaran
Bank memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran, baik lalu lintas pembayaran dalam negeri maupun pembayaran internasional. Sebagaimana bank, lembaga keuangan bukan bank juga memiliki produk-produk tertentu dalam kegiatannya.

Adapun produk-produk lembaga keuangan bukan bank antara lain sebagai berikut.
a. Perusahaan pembiayaan.
b. Perusahaan sewa-guna (leasing).
c. Perusahaan anjak piutang.
d. Perusahaan pegadaian.
e. Perusahaan kartu kredit.
f. Perusahaan asuransi.
g. Perusahaan penyelenggara dana pensiun.

Untuk mendapatkan pinjaman setiap bank memiliki aturan-aturan tertentu. Bisa anda jelaskan aturan atau syarat apa yang biasanya ditetapkan oleh pihak bank untuk itu! 

Untuk memperkecil resiko kredit maka permohonan kredit harus dinilai oleh bank. Bisa anda jelaskan apa yang dimaksud dengan 5 C? 
Sebelum suatu fasilitas kredit diberikan maka bank harus merasa yakin bahwa kredit yang diberikan harus benar-benar akan kembali. Keyakinan tersebut diperoleh dari hasil penelitian kredit sebelum kredit tersebut disalurkan. Penelitian kredit oleh bank dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk mendapatkan keyakinan tentang nasabahnya, seperti melalui prosedur penilaian yang benar dan sungguh-sungguh.

Jelaskan yang dimaksud dengan f.e.o dan gadai?
Fidusia atau Fiduciare Eigendom Overdracht (F.E.O.) menurut asal katanya berasal dari bahasa Romawi fides yang berarti kepercayaan. Fidusia merupakan istilah yang sudah lama dikenal dalam bahasa Indonesia. Begitu pula istilah ini digunakan dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Dalam terminologi Belanda istilah ini sering disebut secara lengkap yaitu Fiduciare Eigendom Overdracht (F.E.O.) yaitu penyerahan hak milik secara kepercayaan. Sedangkan dalam istilah bahasa Inggris disebut Fiduciary Transfer of Ownership. Pengertian fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tetap dalam penguasaan pemilik benda.
Lengkapnya Baca F.E.O dan GADAI

Demikian Postingan Wawancara/Interview Posisi Marketing di Bank ini semoga membantu

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wawancara/Interview Posisi Marketing di Bank"

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar