Penyelesaian Sengketa Mahkamah internasional

Penyelesaian melalui Mahkamah internasional - Ada dua mekanisme penyelesaian sengketa internasional melalui Mahkamah internasional, yaitu mekanisme normal dan khusus. 

• Mekanisme Normal : 

1. Penyerahan perjanjian khusus yng berisi tdentitas para pihak dan pokok persoalan sengketa.
2. Pembelaan tertulis, berisi fakta, hukum yang relevan, tambahan fakta baru, penilakan atas fakta yang disebutkan dan berisi dokumen pendukung. 
3. Presentasi pembelaan bersifat terbuka dan umum atautertutup tergantung pihak sengketa. 
4. Keputusan bersifat menyetujui dan penolakan. Kasus internasional dianggap selesai apa bila : 

Para pihak mencapai kesepakatan 
Para pihak menarik diri dari prose persidangan Mahkamah internasional. 

Mahkamah internasional telah memutus kasus tersebut berdasarkan pertimbangan dan telah dilakukan ssuai proses hukum internasional yang berlaku. 

• Mekanisme Khusus : 

1. Keberatan awal karena ada keberatan dari pihak sengketa Karen mahkamah intrnasional dianggap tidak memiliki yusidiksi atau kewenangan atas kasus tersebut. 

2. Ketidak hadiran salah satu pihak yang bersengketa, biasanya dilakukan oleh Negara tergugat atau respondent karena menolak yuridiksi Mahkamah Internasional. 

3. Keputusan sela, untuk memberikan perlindungan terhadap subyek persidangan, supaya pihak sengketa tidak melakukan hal-hal yang mengancah efektivitas persidangan Mahkamah internasional. 

4. Beracara bersama, beberapa pihak disatukan untuk mengadakan sidang bersama karena materi sama terhadap lawan yang sama. 

5. Intervensi, mahkamah internasional memberikan hak kepada Negara lain yang tidak terlibat dalam sengketa untuk me;lakkan intervensi atas sengketa yangsedang disidangkan bahwa dengan keputusan Mahkamah internasional ada kemungkinan Negara tersebut dirugikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyelesaian Sengketa Mahkamah internasional"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar