Pengertian Teks, Audio (suara), Image (Gambar), Video, Animasi

Pengertian Teks, Audio (suara), Image (Gambar), Video, Animasi
Teks 
Bentuk data multimedia yang paling mudah dikendalikan dan disimpan adalah teks. Teks merupakan yang paling dapat dimengerti dan yang paling banyak dilihat. Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia.

Meskipun ada multimedia tanpa teks, namun sebagian besar sistem multimedia menggunakan teks, sebab teks sangat efektif untuk menyampaikan ide serta memberikan panduan pada pengguna. Beberapa format teks ; *.doc, *.txt. 2.3.

Audio (Suara) 
Suara (audio) atau bunyi dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Kemampuan bunyi yang harus dimiliki PC multimedia antara lain :

1. Membuat dan mensintesis bunyi
2. Menangkap bunyi dari dunia luar, dari yang anda dengar dan dari CD (compact disk)
3. Mengendalikan bunyi yang dibuat dari instrumen elektronik, misalnya MIDI
4. Memainkan kembali bunyi tersebut lewat speaker atau sejenisnya, baik berupa file audio wav, mp3, cda maupun file audio lainnya

Image (Gambar) 
Multimedia membantu pengunjung melakukan hlm. itu, yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu link grafis seringkali muncul sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks. Beberapa contoh format file gambar ; *.jpg, *.bmp, *.png.

Video 
Video adalah salah satu media audio visual yang digunakan sebagai media komunikasi dalam pembangunan dan untuk menjelaskan atau menyampaikan pesan, serta digunakan sebagai hiburan. Format file video adalah *.mpeg, *.avi, *.3gp. Layaknya elemen multimedia lainnya, video pun memiliki keunggulan, diantaranya adalah :

1. Merangsang minat dan menarik perhatian khlm.ayak
2. Efektif untuk kelompok besar, sedang, bahkan khlm.ayak ramai
3. Dapat merekam atau menampilkan keadaan yang sesungguhnya
4. Informasi yang dibuat dapat dimuat secara terperinci dan motivasional

Animasi 
Kata animasi diambil dari kata animation; to animate, yang bila melihat kamus Inggris-indonesia artinya kurang lebih adalah hidup; menghidupkan. Animasi adalah menghidupkan segala benda atau objek mati. Kata “menghidupkan” disini bukanlah memberi nyawa yang merupakan hak tuhan, melainkan membuatnya bergerak sehingga terlihat seperti hidup. Karena animasi adalah sebuah ilusi kehidupan (Riza Endartaman, 2007).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Teks, Audio (suara), Image (Gambar), Video, Animasi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar