Pengertian Manajemen Persediaan

Manajemen Persediaan - Manajemen persediaan atau biasa di sebut inventory control atau inventory management adalah kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penentuan kebutuhan material sedemikian rupa sehingga di suatu pihak kebutuhan operasi dapat dipenuhi pada waktunya tetapi di lain pihak investasi persediaan material dapat ditekan secara optimal. 

Melihat prinsip tersebut sebenarnya ada hal yang bertolak belakang. Untuk menjamin operasi paling mudah adalah dengan menyimpan persediaan sebanyak – banyaknya, sedangkan untuk menjaga agar investasi dapat seminimal mungkin ialah dengan mengusahakan persediaan mencapai nol. 

Disinilah letak fungsi manajemen persediaan untuk menjembatani dua kepentingan yang bertolak belakang tersebut. Dengan demikian manajemen persediaan harus dapat menjawab mengenai jenis barang apa yang perlu disimpan?,berapa jumlah yang harus disimpan?, apa, kapan, dan berapa suatu barang harus di pesan lagi?, bagaimana mentukan tingkat persediaan ideal, dan beberapa pertanyaan lain mengenai persediaan. 

Pengendalian Persediaan 

Kegiatan pengendalian persediaan merupakan suatu kegiatan yang perlu di cermati secara terus menerus karena kegiatan ini merupakan suatu hal selain mengawasi juga meluruskan jika terjadi penyimpangan dari aturan yang telah di tetapkan. 

Faktor pengawasan untuk kegiatan logistik dalam perkembangannya mengalami kemajuan yang cukup berarti, dengan pengembangan peran sampai dengan kegiatan pengendalian persediaan. 

Pengendalian persediaan berarti memastikan secara sistemik sesuatu yang berkaitan dengan persediaan terjadi secara nyata sesuai dengan yang direncanakan. (Drs. H. Indriyo Gito Sudarmo,1998) .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Manajemen Persediaan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar