Sejarah Pelayanan Dan Pendidikan kebidanan di Dalam dan luar negeri

Sejarah Pelayanan Dan Pendidikan kebidanan di Dalam dan luar negeri - Sejarah/Perkembangan pelayanan dan pendidikan suatu kebidanan setiap waktu mengalami perkembangan, baik suatu kemajuan atau justru suatu kemunduran. Perkembangan ini terjadi baik di Indonesia maupun di luar negeri. 

Perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan di Indonesia tidak terlepas dari masa penjajahan Belanda, era kemerdekaan, politik/kebijakan pemerintah dalam pelayanan dan pendidikan tenaga kesehatan, kebutuhan masyarakat serta kemajuan ilmu dan teknologi. Perkembangan kebidanan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. 

Sejarah kebidanan dimulai sejak awal kehidupan/awal peradaban manusia. Zaman dahulu persalinaan dan wanita menstruasi dianggap kotor dan menjijikkan sehingga cara-cara persalinan terkesan tidak manusiawi. 

Dalam sejararah wanita dalam proses melahirkan dapat dilakukan sendiri atau dibantu suami mereka. Ketika manusia tidak lagi berpindah-pindah dan membentuk kelompok masyarakat, para ibu melahirkan dijaga/ditolong seorang wanita sebagai kinswoman yang dianggap mampu yaitu seorang wanita setengah baya telah menikah dan melahirkan, melalui percobaan dan tukar pengetahuan dia mengembangkan keahliannya yang disebut dukun bayi. 

Pada tahun 500 SM terdapat catatan yang menunjukkan tindakkan yang dilakukan bidan pada patung Mochicka, Lukisan Papyri dan Tomb dalam Old Testment (Chamberlein, 1981), Catatan tentang bidan Yahudi (Shirpah dan Puah).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Pelayanan Dan Pendidikan kebidanan di Dalam dan luar negeri"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar