Karateristik Risiko yang dapat diasuransikan

Karateristik Risiko yang dapat diasuransikan (Insurable Risks) : 
1. Financial Value 
Asuransi memberikan proteksi financial. Ha1 ini berarti bahwa risiko yang dapat diasuransikan adalah risiko yang mengakibatkan kerugian yang dapat dimiliki secara financial (Kerugian keuangan). 

2. Homogenous 
Bila diketahui jumlah risiko yang sejenis cukup banyak, Penanggung akan dapat memperkirakan kerugian yang akan terjadi dengan lebih akurat. Bila jumlah terbatas, kontribusi (= premi) dari Tertanggung akan sangat tinggi. Sebaliknya, bila jumlah cukup banyak, kontribusi akan menjadi kecil karena hanya sedikit yang menderita kerugian. 

3. Pure Risks 
Hanya pure risks yang dapat diasuransikan, sedangkan spekulatif risks tidak dapat diasuransikan karena masih ada kemungkinan yang mendatangkan keuntungan. 

4. Particular dan Fundamental Risks 
Perticular risks umuulnya dapat diasuransikan. Risiko ~fundamental secara tradisional tidak insurable karena a.kibatnya yang luas, bukan berarti tidak dapat diasuransikan. Fundamental risks yang timbul dari gejala alam (gempa bunu, dll), untuk dapat atau tidaknya diasuransikan tergantung dari kea.daan (mis. Lokasi object,dll).  

5. Fortuitos 
Terjadirnya event harus benar-benar secara kebetulan, bukan yang secara pasti akan terjadi. Pada unsur ketidakpastian yang menimbulkan kerugian (Uncertainly of loss). Frekwensi dan Saverity harus di luar kontrol tertanggung. Dalam asuransi jiwa, kematian adalah pasti tetapi kapan terjadinya kematian tidak pasti.  

6. Insurable Interest (Kepentingan) 
Risiko yang diasuransikan hartis da.pat mengakibatkan kerugian secara financial, oleh karena itu tidak ada alasan bagi seseorang untuk mempertanggungkan sesuatu dimana tidak rnempunyai kepentingan atas obyek yang di pertanggungkan, di mana ia tidak mengalami kerugian financial biIa risiko menjadi kenyataan. 

7. Public Policy 
Prinsip hukum yang berlaku dalam setiap perjanjian harus tidak bertentangan dengan kepentingan ketertiban umum (Public policy). .. 

8. Reasonable Premium 
Premi asuransi harus wajar dalam kaitannya dengan kerugian financial mungkin terjadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karateristik Risiko yang dapat diasuransikan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar