Kebidanan Zaman Pertengahan (1-1500 Masehi)

Zaman Pertengahan (1-1500 Masehi) - Pada zaman ini kemajuan perkembangan kebidanan seiring dengan penyebaran Agama Kristen terjadi di Roma yang terdiri dari : 

a. Soranus 
Ia merupakan spesialis obgin yang menulis buku kebidanan untukpertama kalinya dan menggambarkan kualitas atau syarat seorang bidan yang professional 

b. Galen 
Beliau menulis tentang beberapa obstetric Gynekologi. Ia juga menguraikan bagaimana bidan mengukur pembukaan serviks dengan menggunakan jari mereka dan penggunaan kursi untuk zaman ini, seorang bidan bernama Cleopatra menulis karangan tentang kebidanan. Bidan lainnya seperti Aspasia dikenal baik karena dia memiliki banyak ketrampilan dalam kelahiran bayinya diantaranya adalah versi podalic, managemen distosia dan kontrasepsi. 

c. Trotula 
Seorang dokter perempuan yang berasal dari sekolah kedokteran terkenal di Salerno, ia menulis sebuah karangan gynekologi dan kebidanan. Dimana ia menjelaskan penanganan retensio plasenta, perawatan nifas, pemeriksaan bayi baru lahir. Ia juga menjelaskan pentingnya seorang bidan memiliki kepercayaan dan pendekatan etis dalam pekerjaannya. Ia juga orang yang pertama kali berusaha memperbaiki laserasi perineum derajat tiga. 

d. Kerajaan Byzantine 
Daerah di Eropa bagian timur dengan ibu kota Constatinopel, disini pertama kali diketahui adanya rumah sakit kebidanan yang berdiri selama abad ke-12. Paulus of Aegnina, adalah penulis termana waktu mengatakan telah ada bidan pertama kali. 

e. Arabia 
Dua dokter arab, Rhazes (860-932 M) dan Avicenna (980-1037 M) menulis tentang prosedur kebidanan termasuk di dalamnya alat-alat yang digunakan untuk persalinan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebidanan Zaman Pertengahan (1-1500 Masehi)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar