EOQ ( Economic Order Quantity )

EOQ ( Economic Order Quantity ) - Melihat dari konflik yang terjadi berkaitan dengan masalag persediaan maka kita harus menentukan kebijakan yang tepat dalam arti penentuan jumlah persediaan yang tepat yaitu persediaan yang tidak mengganggu proses produksi tetapi biaya yang di tanggung perusahaan juga tidak terlalu tinggi. 

Untuk itu terdapat suatu metode EOQ (economic order quantity). EOQ merupakan jumlah atau volume pembelian yang paling ekonomis untuk satu kali pembelian. EOQ sebenarnya ialah suatu titik yang di bentuk oleh garis yang memotong antara fungsi biaya pengadaan barang dengan biaya penyimpanan barang yang saling berbanding terbalik. 

Jumlah kebutuhan barang merupakan jumlah komponen yang di dapatkan dari hasil perkalian suatu komposisi standar yang di perlukan untuk satu proses dengan rencana jumlah produksi. Dalam topic ini yang menjadi komposisi standar pada suatu proses merupakan kebutuhan sesuai dengan petunjuk yang di dapatkan dari modul praktek mahasiswa maupun dari hasil pengamatan langsung pada saat proses praktek mahasiswa. 

Dan yang menjadi rencana jumlah produksi ialah jumlah mahasiswa yang akan mengerjakan modul tersebut. Sedangkan untuk biaya pesan merupakan biaya- biaya yang muncul saat melakukan pemesanan, untuk material consumable pembelian di lakukan langsung melalui telpon kepada pihak supplier dengan mengeluarkan biaya yang di perhitungkan yaitu biaya telepon, biaya fax purchasing order, biaya transfer pembayaran, dan biaya pengiriman. 

Biaya penyimpanan merupakan biaya yang muncul dan harus di tanggung untuk menjaga agar bahan tersebut selalu dalam keadaan baik dan tidak berkurang kuantitas dan kualitasnya, termasuk juga di dalamnya biaya untuk tempat atau area penyimpanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "EOQ ( Economic Order Quantity )"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar