Teori Probabilitas (Probability Theory)

TEORI PROBABILITAS (PROBABILITY THEORY) Da1am analisa risiko kita mencari cara untuk mengukur keyakinan kita mengenai kemungkinan terjadinya peristiwa-peristiwa tertentu.. Salah satu cara ialah teori probabilitas. 

1 Apriori - 
Jumlah dari event yang kerugiaannya telah diketahui. - Dalam kenyataannya jumlah dari seluruh event yang mungkin, biasanya tidak diketahui. - Konsep Apriori terbatas aplikasinya. 
Contoh : 
Melempar uang logam, melempar dadu 

2 Probabilitas subyetif 
Pengalaman sebelumnya terhadap suatu risiko sangat minim atau mungkin sama sekali tidak ada. Dalam hal ini penentuan probabilitas akan dilakukan secara Subyektif. Cara ini dilakukan juga dalam asuransi 
Contoh : 
Menerima pertanggungan atas jari gitaris atau pianis. 

3 Frekwensi Relatif 
Salah satu masalah mengukur risiko adalah bahwa Jumlah seluruh kejadian (endome) yang mungkin tidak diketahui. 

Dalam motor accident, kita tidak pernah mengetahui sebelumnya berapa accident yang akan terjadi dan sejauh mana akibatnya. Kita hanya dapat melihat peagalaman-pengalaman sebelumnya yang dapat dijadikan dasar untuk menghitung kemungkinan. 

Misalnya, kita mengoperasikan 1500 buah kendaraan komersial dan selama beberapa tahun rata-rata 50 buah kendaraan yang mendapat kecelakaan setiap tahun. 

Berdasarkan pengalaman ini dapat kita katakan bahwa probability dari salah satu kendaraan akan mengalami kecelakaan tahun berikutnya adalah 50/1500 = 0,333. 

Dengan kata lain, probability satu keceIakaan tahun berikutnya sama dengan Frekwensi ReIatif kecelakaan yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. Perkiraan probabilitas secara empiris diatas cukup wajar bila tidak terjadi perubahan pada tahun yang akan .datang seperti misalnya : perubahan tingkat inflasi, kema,juan teknologi, aspek psikologis, dan lainlain. Oleh karna itu untuk lebih akurat, perlu disesuaikan dengan perobahan-perobahan yang terjadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teori Probabilitas (Probability Theory)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar