Kebidanan Abad XX sampai dengan sekarang

Abad XX sampai dengan sekarang 

1. Malaysia 
Bidan di Malaysia selama berabad-abad dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak-anaknya. Bidan mempunyai penghargaan dan wibawa yang cukup tinggi di komunitasnya. Peran bidan di Malaysia dalam pelayanan kebidanan yaitu membantu persalinan, melayani konseling, ahli gizi dan terakhir sebagai ahli pijat perempuan. Dilihat dari segi politiknya peran bidan sangat penting dengan demikian bidan harus banyak pengalaman dan dikatakan berpengalaman adalah bidan terlatih. Bidan tidak lagi menjadi orang pertama yang disalahkan dan diberi tekanan jika terdapat suatu masalah dan bidan di Malaysia sedang menggalang program persalinan di rumah alas an mereka karena persalinan di rumah dianggap memberikan rasa aman dan nyaman bila dibandingkan persalinan dirumah sakit. 

2. Jepang 
Pada tahun 1912 dimulai sekolah bidan di Jepang. Pendidikannya dengan basic sekolah perawat selama 3 tahun di tambah 6 bulan sampai 1 tahun pendidikan bidan. 

Tujuannya adalah untuk mengangkat pelayanan kebidanan dan neonatus tetapi pada masa itu timbul masalah karena masih kurang tenaga bidan serta bidan hanya mampu melakukan pertolongan perssalinan normal saja, tidak siap terdapat kegawatdaruratan sehingga dapat disimpulakn bahwa kualitas bidan belum memuaskan. 

Pada tahun 1987 mereka berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan pendidikan bidan, menata dan mulai merubah situasi. 

3. Australia 
Pendidikan bidan di Australia dimulai dengan basic perawat ditambah 2 tahun. Sejak tahun 2000 telah dibuka University of Technologi of Sidney yaitu S2 (Doctor of Midwifery). Pendidikan kebidanan di Australia terpengaruh oleh model kolonialisme Inggris terhadap penerimaan pendidikan perawat. Mulai tahun 1992 ada kebidanan direct entry dimana memisahkan pendidikan kebidanan dan perawat. 

4. Spanyol 
Merupakan Negara di Benua Eropa yang telah lama mengenal profesi bidan. Pada tahun 1789 pendidikan diselenggarakan di ibukota Madrid. Bidan disiapkan untuk bekerja secara mandiri di masyarakat, terutama dikalangan petanidan buruh menengah ke bawah.Pada tahun 1932 pendidikan bidan secara resmi menjadi school of midwifes. Antara tahun 1987-1988 pendidikan bidan untuk sementara ditutup karena diadakan penyesuaian kurikulum bidan menurut ketentuan Negara masyarakat mereka. Tahun 1992 mereka lulus penyesuaian. 

5. Ontario Canada 
Di Ontario secara resmi pendidikan bidan di Universitas based, Direct dan lama pendidikannya 3 thun dan mereka telah memiliki ijazah bidan dan diberi kesempatan untuk registrasi dan izin praktek. 

6. Denmark 
Pada tahun 1787 dimulai pendidikan bidan dan pada tahun yang sama merayakan berdirinya 200 tahun sekolah bidan.Kini ada 2 pendidikan di Denmark. Setiap tahunnya menerima siswa dengan lama pendidikannya 3 tahun direct entry.. Mereka yang menjadi perawat maka pendidikannya ditempuh 2 tahun.Namun hal tersebut merupakan hal kontroversi. Tahun 1973 disuusun rangkaian pedoman bagi bidan yang mengelompokkan klien dalam beberapa resiko yang terjadi. Hal ini menimbulkan masalah karena tidak jelas batasan resiko rendah dan tinggi. Pada Tahun 1980 diadakan perubahan pedoman baru yang isinya sama sekali tidak menyinggung masalah resiko. 

7. New Zealand 
Pada tahun 1970 selandia baru menerapkan medikalisasi kehamilan yang didasarkan pada pendekatan mahasiswa pasca sajana kebidanan dan universitas Auckland untuk terjun ke rumah sakit pemerintah khusus wanita. 

Pada tahun 1978 dibentuk perkumpulan home birth di Auckland dengan keanggotaan 150 orang dan menjadi organisasi dalam 2 tahun yaiti NZNA (New Zealand association).Pada tahun 1986 mentri pelayanan kesehatan resmi mengakui home birth. 

Sejak tahun 1904 RS menyediakan pelayanan pelatihan kebidanan selama 6 bulan dan ditutup tahun 1979, sebagai penggantinya beberapa politehnik keperawatan yang didirikan pada tahun 1978. 

Pada tahun 1980 wanita dan bidan sebagai partner ship, bidan melakukan independen dimana bertanggung jawab terhadap kondisi normal ibu, pada saat ini mutu pelayanan kebidanan meningkat. Dengan mutu pelayanan kebidanan yang meningkat menyebabkan perubahan drastic 86% persalinan ditolong oleh bidan sehingga wanita merasa puas. 

8. Amerika serikat (USA) 
Zaman dahulu kala di Amerika Serikat persalinan ditolong oleh dukun beranak yang tidak berpendidikan, biasanya bila seseorang wanita sukar melahirkan ahli obat menganjurkan supaya wanita itu diusir serta ditakuti agar rasa sakit bertambah dan kelahiran menjadi mudah karena kesakita dan kesedihan. 

Pada tahun 1982 Kebidanan hamper dirusak oleh pertentangan profesi medis oleh Arney. 

Menurut catatan Thomas yang pertama kali berpraktik kebidanan diamerika adalah Samuel Fuller dengan istrinya kemudian menjual kepada orang lain yang menatuh minat terhadap kebidanan yaitu Anne Hucthinson. 

Pada tahun 1990 perkembangan pendidikan di mulai di USA dan memperoleh akreditasi pada tahun 1935. 

9. Inggris 
o Tahun 1578-1657 William Hervey disebut sebagai bapak kebidanan di Inggris. Beliau menjelaskan tentang sirkulasi darah, fisiologi plasenta dan selaputnya serta pertumbuhan embrio dan fetus secara bertahap. 

o Tahun 1697-1763 Seorang dokter dari Scotlandia yang bernama William Smellei  melakukan sesuatu untuk menunjukkan peran dokter obstetric, kemudian beliau mendirikan pelatihan bagi bidan pria. 

o Tahuun 1737 Ny. Sarah stone menerbitkan “Praktik Lengkap Kebidanan”. Beliau menekankan pentingnya pengetahuan menyeluruh tentang anatomi dan merekomendasikan bantuan operasi. 

o Tahun 1760 Elizabeth Nihel menulis Treat is the art of midwivery, selanjutnya bidan berjuang, yang hasilnya tercetus perjanjian bidan tahun 1902, meletakkan kebidanan di bawah pengendalian Primary Council, hal tersebut berguna untuk melindungi masyarakat umum dari bidan yang tidak terlatih. 

Pelayanan kebidanan di Inggris banyak dilakukan oleh bidan praktik swasta. Mayoritas pendidikan bidan di Inggris adalah lulusan diploma. Sejak tahun 1995 sudah ada lulusan S1 kebidanan dengan dasar lulusan SMU ditambah 3 tahun. 

10. Belanda 
o Tahun 1622 Hendrik Vandroohuize yang pertama kali melakukan SC. 

o Tahun 1651-1724 beliau menggambarkan beberapa bentuk dari panggul. Di Negara Belanda bidan mendapatkan pengakuan yang jelas dan nyata dimana 50% persalinan di masyarakat ditolong oleh bidan. 

o Tahun 1861 Rumah sakit universitas Amsterdam mendirikan akademi pendidikan bidan pertama kali dan pada tahun yang sama akademi yang kedua dibuka di Rotterdam dan yang ketiga pada tahun 1913 di Haerland.. 

11. Selandia Baru 
o Tahun 1980 terdapat pendidikan bidan Politeknik, peserta didiknya adalah perawat yang terdaftar dan telah mempunyai latar belakang akademi yang kuat terhadap pendidikan. 

o Tahun 1989 pendidikan kebidanna dipisahkan dari pendidikan keperawatan. Tahun 1990 bidan boleh praktek mandiri. Tahun 1992 Aucland Institut of tehnology dan Otago Politecnic I membuka program langsung 3 tahun kebidanan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebidanan Abad XX sampai dengan sekarang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar