Penentuan Persediaan

Penentuan Persediaan - Untuk menghindari persediaan yang terlalu besar atau terlalu kecil, maka besarnya persediaan dapat di tentukan lebih dahulu. Untuk dapat menentukan jumlah persediaan maka harus terlebih dahulu memperhitungkan beberapa factor 

1 Kebutuhan Bahan 

Besarnya kebutuhan bahan dasar yang di butuhkan untuk berproduksi dalam satu tahun dapat dihitung dengan menghitung jumlah rencana produksi dalam satu tahun. Atau dapat dikatakan bahwa unuk mengetahui kebutuhan bahan dalam satu tahun melalui perkalian standar penggunaan bahan dasar dengan jumlah rencana produksi. 

2 Pembelian Bahan Dasar 

Jumlah bahan yang harus di beli merupakan jumlah rencana produksi ditambah dengan selisih antara persediaan awal tahun dengan persediaan akhir tahun. Jadi pembelian bahan dasar belun tentu sama dengan kebutuhan barang karena di tentukan juga oleh tingkat persediaan bahan yang bersangkutan. 

Dalam hal pengadaan ada 2 cara yang dapat di tempuh, pertama dengan melakukan pembelian barang persediaan sesuai dengan kebutuhan secara sekaligus lalu barang akan di simpan di gudang dan akan dapat di ambil sesuai dengan kebutuhan produksi. Sehingga volume pembelian besar tetapi frekwensinya jarang, hal ini juga berarti perusahaan harus menanggung biaya persediaan yang cukup besar. 

Atau cara kedua yaitu dengan membeli dengan jumlah yang kecil tetapi frkwensi pembelian menjadi lebih sering. Cara ini dapat menurunkan biaya penyimpanan persediaan tetapi juga memiliki resiko yang cukup besar berkaitan dengan keterlambatan pengadaan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penentuan Persediaan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar