Produktivitas Suatu Perekonomian

Produktivitas Suatu Perekonomian - Standar hidup tiap negara di dunia ini begitu berbeda-beda. Rata-rata masyarakat di negara kaya mempunyai pendapatan lebih dari sepuluh kali lipat pendapatan negara miskin. Terkadang dalam satu negara pun terdapat perbedaan standar hidup dari waktu ke waktu. Dalam hal ini standar hidup suatu bangsa ditentukan oleh produktivitas pekerjanya atau faktor-faktor produktivitas yang dimiliki suatu bangsa. 

Istilah produktivitas mengarah pada jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh seorang pekerja per jam kerjanya. Suatu negara yang meningkatkan produktivitasnya akan menunjukkan perkembangan yang lebih baik. Sebuah negara dapat menikmati standar hidup yang tinggi hanya jika negara tersebut dapat menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah yang besar, karena standar hidup suatu negara bergantung pada kemampuannya menghasilkan barang dan jasa. 

Idealnya suatu perekonomian mempunyai: (a) tingkat pertumbuhan output per tenaga kerja yang cepat; (b) tingkat pengangguran yang rendah; (c) tingkat inflasi yang rendah. 

Produktivitas sendiri ditentukan oleh beberapa faktor penentu. Faktor-faktor tersebut terdiri atas (1) modal fisik merupakan faktor produksi yang berupa peralatan dan infrastruktur yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. (2) modal manusia merupakan faktor penentu berupa kemampuan, pengetahuan dan keahlian yang dimiliki seorang pekerja yang dibentuk melalui pendidikan, pelatihan dan pengalaman. (3) sumber daya alam merupakan input dari suatu proses produksi barang dan jasa yang telah tersedia dari alam, seperti tanah, sungai atau pun sumber mineral. (4) pengetahuan teknologi merupakan pemahaman masyarakat mengenai cara-cara yang terbaik untuk memproduksi barang dan jasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Produktivitas Suatu Perekonomian"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar