Pembangunan Ekonomi adalah

Pembangunan Ekonomi adalah peroses meningkatkan kualitas hidup manusia dalam pembangunan ekonomi terdapat aspek-aspek penting yaitu, pertumbuhan ekonomi atau peningkatan Gross Domestik Produk dari waktu kewaktu, meningkatnya martabat diri, kebebasan untuk melakukan pilihan baik sebagai konsumen maupun produsen. Peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan dasar harus sesuai dengan proses pertumbuhan ekonomi. 

Peningkatan produksi barang dan jasa dari waktu kewaktu yang juga disebut sebagai pertumbuhan ekonomi merupakan ukuran kasar terhadap keberhasilan penghasilan taraf hidup suatu masyarakat yang dicerminkan oleh perkembangan GDP dari waktu kewaktu terutama bila perkembangan tersebut melebihi pertumbuhan jumlah penduduk. 

Perhitungan GDP dapat dilakukan melalui beberapa metode yaitu metode produksi, metode pengeluaran, dan metode pendapatan. GDP yang secara konvensional dihitung melalui tiga metode tersebut dalam kenyataannya tidak mampu memperhitungkan masalah kualitas lingkungan hidup yang secara langsung berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, sekaligus cara perhitungan GDP diatas tidak mampu memasukkan berbagai kegiatan sosial ekonomi masyarakat maupun aktivitas ekonomi yang tersembunyi. 

Yang akan Anda pahami setelah mempelajari bab ini adalah: 
  1. Pendekatan produksi, pendekatan pendapatan, dan pendekatan pengeluaran dalam menghitung pendapatan nasional. 
  2. Pengertian GDP nominal dan GDP riil. 
  3. GDP dan kesejahteraan sosial. 
  4. Transaksi ekonomi yang tidak dihitung dalam GDP. 
  5. Perbedaan GDP dan GNP. 
  6. Konsep GDP Hijau (Green GDP) 
Publikasi data perekonomian terbaru diberbagai media informasi yang ada banyak menyita perhatian masyarakat. Data tersebut mungkin mengukur total pendapatan masyarakat dalam perekonomian, rata-rata kenaikan harga (inflasi), persentase angkatan kerja yang tidak bekerja (tingkat pengangguran), dan sebagainya. Semua data statistika tersebut merupakan data yang dibutuhkan dalam ekonomi makro. 

Angka pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan pembangunan ekonomi suatu masyarakat. Pertumbuhan ekonomi (Economic Growth) merupakan besaran yang diukur dari kenaikan pendapatan nasional (produksi nasional) pada periode tertentu dari pendapatan nasional periode sebelumnya. 

Dalam bab ini kita akan membahas Gross Domestic Product (GDP), mengukur total atau jumlah GDP. GDP merupakan data yang paling diperhatikan dalam perekonomian karena dianggap sebagai ukuran tunggal terbaik mengenai kesejahteraan masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembangunan Ekonomi adalah"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar