Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Mempercepat Pertumbuhan - Penghitungan pertumbuhan menyatakan bahwa untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi harus terlebih dulu meningkatkan tingkat pertumbuhan kapital per jam kerja atau meningkatkan kecanggihan teknologi. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut, antara lain: 

· Merangsang orang untuk menabung 
Tabungan akan mendanai investasi. Maka semakin tinggi tingkat tabungan akan semakin menunjang pertumbuhan kapital fisik. Insentif pajak disediakan untuk meningkatkan tabungan. 

· Merangsang dilakukannya penelitian dan pengembangan 
Karena hasil dari riset penelitian dan pengembangan dapat dimanfaatkan oleh siapapun, tidak semua manfaat penemuan didapatkan oleh penemu. Sehingga pasar hanya mengalokasikan sedikit sumber daya bagi riset dan pengembangan. Subsidi pemerintah dan pendanaan langsung akan dapat merangsang riset dan pengembangan. 

· Mendorong perdagangan internasional 
Perdagangan bebas internasional akan merangsang pertumbuhan melalui spesialisasi dan perdagangan. Negara yang semakin cepat pertumbuhannya adalah negara dengan perdagangan ekspor-impor paling cepat. 

· Meningkatkan kualitas pendidikan 
Keuntungan yang diperoleh dari pendidikan menyebar melewati orang-orang yang telah memperoleh pendidikan, sehingga terdapat kecenderungan untuk mengecilkan investasi pada pendidikan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar