Produktivitas dan Siklus Bisnis

Produktivitas dan Siklus Bisnis - Produktifitas atau sering disebut sebagai produktifitas tenaga kerja didefinisikan sebagai output yang diproduksi oleh rata-rata seorang pekerja dalam satu jam kerja (Y/H). Produktifitas cenderung naik pada saat perusahaan melakukan ekspansi dan cenderung turun selama masa kontraksi. Selama masa perluasan, output meningkat dalam persentase lebih besar dibandingkan kesempatan kerja, sehingga rasio output terhadap tenaga kerja juga meningkat. 

Umumnya, kesempatan kerja tidak berfluktuasi sesering output sepanjang siklus bisnis. Sebagai akibatnya, produktifitas yang diukur cenderung naik selama perusahaan melakukan ekspansi dan turun selama masa kontraksi. 

Produktifitas dalam Jangka Panjang 

Teori pertumbuhan ekonomi jangka panjang berfokus pada produktifitas, yang diukur melalui output yang dihasilkan oleh tiap tenaga kerja atau GDP per kapita. Penggunaan gambaran produktifitas untuk mendiagnosa kondisi ekonomi dalam jangka panjang dapat menimbulkan pemahaman yang keliru. 

Kecenderungan perusahaan untuk menyimpan kelebihan tenaga kerja dan kapital serta implikasi untuk kepentingan pengukuran produktifitas dalam siklus bisnis, tidak ada hubungannya dengan potensi ekonomi dalam jangka panjang untuk memproduksi output.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Produktivitas dan Siklus Bisnis"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar