Wawancara Mengikuti Perkembangan Teknologi

"Bagaimana cara yang Anda lakukan untuk senantiasa dapat mengikuti perkembangan mutakhir tentang industri dan teknologi yang sedang tren?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya melakukan semua hal yang standar. Saya membaca rubrik bisnis di koran setiap harinya. Saya meriset Internet untuk menggali informasi atas industri tersebut. Saya mengikuti organisasi jaringan lokal dan berlangganan jurnal sebuah industri. Saya adalah anggota sebuah organisasi profesional dan mengikuti pertemuan bulanan untuk membangun jaringan dan tetap menjaga kontak. Saya benar-benar menyukai apa yang saya lakukan, dan maka hal itu menarik bagi saya untuk belajar dan tetap mengikuti perkembangan mutakhir dari dunia kita yang senantiasa berubah ini.

(B) Saya memanfaatkan Internet dan mencek situs-situs berita untuk melihat apa yang sedang terjadi di dunia. Saya tidak baca koran, namun saya berlangganan majalah beritu mingguan sehingga saya tetap dapat mengikuti perkembangan mutakhir dengan cukup baik. Saya rasa saya lebih tahu banyak informasi dibandingkan orang rata-rata.

(C) Tidak banyak waktu tersisa setiap harinya setelah jam kerja saya yang panjang. Tahun kemarin saya bekerja lembur. Kehidupan saya yang sibuk tidak memungkinkan melakukan banyak hal selain menonton berita malam untuk mengejar peristiwa-peristiwa yang mutakhir. Saya selalu membaca newsletter dan buletin yang diedarkan oleh perusahaan agar tetap dapat mengikuti apa yang sedang terjadi di perusahaan tersebut. 

Jawaban Terkuat

(A) Jawaban ini sangat natural dan terdengar rileks, namun meliputi setiap basis yang mungkin dan menyatakan bahwa Anda adalah orang yang "ada di luar sana" dan mengikuti informasi. Dengan melibatkan diri dalam kelompok-kelompok dan organisasi-organisasi Anda juga sedang melebarkan jaringan Anda, yang mana hal ini adalah cara nomor satu dalam mendapatkan pekerjaan. Tentu saja, dalam tes wawancara Anda mesti menyebutkan nama-nama spesifik dari newsletter-newsletter dan organisasi-organisasi itu.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak buruk; hanya saja jawaban ini membatasi informasi yang Anda peroleh pada sumber-sumber yang Anda gunakan untuk tetap mengikuti perkembangan informasi. Anda benar bahwa Anda mungkin memiliki informasi yang lebih banyak dibandingkan orang rata-rata, namun Anda sedang berkompetisi untuk berada di atas rata-rata dalam proses wawancara itu. Seringkali sebuah perusahaan mencari seseorang yang punya koneksi ke industri dan melihat pada kelompok-kelompok yang Anda ikuti.

Jawaban Terlemah

(C) Walaupun ini mungkin adalah jawaban yang "sebenarnya," ini bukanlah posisi yang tepat sebagai seorang yang tetap mengikuti informasi. Tanpa memandang posisi yang Anda pegang di sebuah perusahaan, tetap mengikuti perkembangan informasi tentang tren dan isu mutakhir adalah suatu hal yang krusial bagi kesuksesan pekerjaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wawancara Mengikuti Perkembangan Teknologi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar