Pengertian Batang Tubuh Artikel

Pengertian Batang Tubuh Artikel - Batang tubuh adalah isi artikel ilmiah yang sebenarnya. Secara umum bagian batang tubuh terbagi menjadi tiga, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pendahuluan setidaknya berisi latar belakang masalah dan rumusan masalah. 

Bagian isi berisi persoalan-persoalan inti atau materi inti yang ingin disajikan. Untuk artikel penelitian, bagian isi berupa landasan teori, metodologi, dan hasil dan pembahasan. Landasan teori berisi teori-teori atau konsep-konsep yang dipergunakan dalam membahas masalah, bagian metodologi berisi pendekatan yang digunakan, metode, sasaran, populasi dan sampel, serta langkah-langkah analisis data; dan bagian hasil dan pembahasan berisi hasil kajian masalah yang diangkat. Untuk artikel konseptual, bagian isi berisi konsep-konsep dan bahasan masalah 

Bagian penutup biasanya berupa simpulan dan saran (untuk artikel penelitian) dan simpulan atau penekanan (untuk artikel konseptual). 

Bagian paling akhir dalam artikel ilmiah adalah bagian kepustakaan. Bagian ini berisi daftar pustaka yang digunakan. Jika dalam jenis karya ilmiah lain masih memungkinkan ada lampiran, dalam artikel ilmiah tidak ada. 

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang artikel ilmiah, terutama perbedaan antara artikel konseptual dan artikel penelitian, berikut disajikan contoh sistematika kedua jenis artikel tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Batang Tubuh Artikel"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar