Sekilas Tentang Kerajaan Kutai

Sekilas Tentang Kerajaan Kutai

LOKASI KERAJAAN KUTAI 
Kerajaan kutai adalah kerajaan yang bercorak hindu budha yang terletak di muara KAMAN yaitu Kalimantan timur tapatnya d hulu sungai MAHAKAM. Kerajaan kutai berdiri sejak abad ke empat nama kerajaan ii di sesuaikan kan dengan tempat penemuan prasasti yaitu kerajaan kutai wilayah kerajaan kutai mencakup luas yaitu hamper menguasai seluruh wilayah Kalimantan. 

SUMBER SEJARAH KERAJAAN KUTAI 
Sumber sejarah mengatakan bahwah di Kalimantan tulah berdiri dan berkembang kerajaan kutai yang bercorak hindu adalah beberapa penemuan peninggalan berupa tulisan (prasasti)tulisan itu ada pada tujuh tiang batu yang di sebut yupa. Yupa tersebut adalah tugu batu yang berfungsi untuk menambat hewan yang akan di korbankan. 

KEHIDUPAN POLITIK 
Sejak muncul dan berkembang pengaruh india di Kalimantan timur terjadi perubahan dalam kepemerintahan suku dengan kepala suku yang memerintah menjadi kerajaan dengan seorang raja sebagai kepala pemerintahan. Berikut beberapa raja yang pernah memerintah di kerajaan kutai 


Ø RAJA KUDUNGGA 
Adalah raja pertama yang pertama yang berkuasa 

Ø RAJA ASWAWARMAN 
Adalah raja yang cakap dan kuat 

Ø RAJA MULAWARMAN 
Merupakan anak dari raja aswawarman yang menjadi penerusnya. Dan masih banyak lagi raja yang menduduki kerajaan kutai….. 

KEHIDUPAN SOSIAL KERAJAAN KUTAI 
Dari berbagai peningglan yang di temukan di ketahui bahwa kehidupan masyarakat nya sudah cukup teratur walau tidak secarah jelas di ungkapkan di perkirakan masyarakat kutai sudah berbagi dalam pengkastaan meskipun tidak secara tegas 

Dari penggunaan bahasa sansekerta dan pemberian hadia sapi, di simpulkan bahwa kerajaan kutai terdapat golongan brahmana, golongan yang sebagaimana juga di india memegang monopoli penyebaran dan upacara keagamaan. 

KEHIDUPAN EKONOMI 
Di perkirakan bahwa pertanian maupun ladang merupakan matapencarian utama masyarakat kutai. Melihat letaknya di sungai MAHAKAM sebagai jalur transpoetasi lautdi perkirakan pedagang masyarakat kutai bejalan cukup ramai. 

AKHIR DARI KERAJAAN 
Kerajaan kutai runtuh pada saat raja kutai yang terakhir yang bernama MAHARA DHAMA SETIA tewas di tangan raja kutai karta Negara ke tiga belas, AJI PANGERAN ANUM Panji MENDAPA, kerajaan kutai kartanegara selanjutnya menjadi kerajaan islam yang bernama kesultanan kutai kartanegara…..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Tentang Kerajaan Kutai"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar