Sekilas tentang Kerajaan Kediri

Sekilas tentang Kerajaan Kediri
a.Kehidupan politik 
Sistem pemerintahan kerajaan kediri terjadi beberapa kali pergantian kekuasaan, adapun Raja-raja yg pernah berkuasa pada masa Kerajaan Kediri adalah

a.Sri samarawijaya 
b.Sri Jayaswara 
c.Sri Bameswara 
d.Sri Jayabhaya 
e.Sri Sareswara 
f.Sri Aryeswara 
g.Sri Gandra 
h.Sri Kameswara 

b.Kehidupan Sosial 
Kehidupan sosial Masyarakat Kediri cukup baik karena kesejahteraan rakyat meningkat,masyarakat hidup tenang.Dengan kehidupan masyarakatNya yg aman dan damai maka seni dapat berkembang antara lain:kesusastraan yg paling maju adalah seni sustra terutama Jawa kuno. 

c.Kehidupan Ekonomi 
Kediri merupakan kerajaan maritime. Perekonomian kedirib bersumber atas usaha perdagangan, peternakkan dan partanian untuk masyarakat yg hidup di daerah pedalaman.sedangkan yg berada di pesisir hidupNya bergantungdari perdagangan dan pelayaran.mereka telah mengadakan hubungan dagang dgn Maluku dan Sriwijaya.Kediri terkenal sebagai penghasil beras,kapas dan ulat sutra. 

d.Letak Lokasi Kerajaan Kediri 
Kerajaan Kediri terdapat di Jawa Timur,kerajaan ini berpusat di kota Daha,yg terletak di sekitar kota Kediri sekarang. 

e.Sumber Sejarah 
Kerajaan Kediri merupakan kelanjutan mataram kuno yg terletak di Jawa Timur.kerajaan Kediri berdiri di awali dgn perebutan kekuasaan antara Jenggala dan Kediri berlangsung hingga Tahun 1052M. pada tahun itu raja Mapanji Alanjung Ahyes berhasil menundukkan kerajaa Jenggala.Namun, ia tdk lama memerintah karena pada tahun 1059 muncul seorang raja Samarotsaha yg berkuasa di kerajaan Jenggala. 

f.Akhir dari Kerajaan 
Kertajaya adalah raja terakhir kerajaan Kediri.ia memakai lencana Garuda Mukha seperti Ria Airlangga, sayangNya ia kurang bijaksana , sehingga tdk disukai oleh rakyat terutama kaum brahmana . dlm masa pemerintahanNya, terjadi pertentangan antara dirinya dan para Brahmana hal inilah akhirNya menjadi penyebab berakhirNya Kerajaan Kediri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas tentang Kerajaan Kediri"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar