Pancasila sebagai sistem filsafat

Pengertian filsafat - Filsafat adalah satu bidang ilmu yang senantiasa ada dan menyertai kehidupan manusia. Secara etimologis istilah filsafat berasal dari bahasa yunani philein yang artinya cinta dan sophos yang artinya hikmah atau kebijaksanaan. Manusia dalam kehidupan pasti memilih apa pandangan dalam hidup yang dianggap paling benar, paling baik dan membawa kesejahteraan dalam kehidupannya, dan pilihan manusia sebagai suatu pandangan dalam kehidupannya itulah yang disebut filsafat. 

Pancasila sebagai sistem filsafat 

Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan system filsafat. Yang dimaksud dengan system adalah suatu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, saling bekerja sama untuk tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang utuh, system lazimnya memiliki cirri-ciri sebagai berikut : 
  1. suatu kesatuan bagian-bagian 
  2. bagian-bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri 
  3. saling berhubungan, saling ketergantungan 
  4. kesemuanya dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan bersama 
  5. terjadi dalam suatu lingkungan yang kompleks 

Sila-sila pancasila yang merupakan system filsafat pada hakikatnya merupakan suatu kesatuan organisasi. Antara sila-sila itu saling berhubungan, saling berkauitan bahkan salingh mengkualifikasi. Secara demikian maka pancasila pada hakikatnya merupakan system, dalam pengertian bahwa bagian-bagian, sila-silanya saling berhubungan secara erat sehingga membentuk suatu struktur yang menyeluruh.dengan demikian pancasila merupakan suatu system dalam pengertian kefilsafatan sebagaimana system filsafat lainnya antara lain materialisme, idealisme, rasionalisme, liberalisme, sosialisme, dan sebagainya. Kenyataan pancasila yang demikian itu disebut kenyataan objektif, yaitu bahwa kegiatan itu ada pada pancasila sendiri terlepas dari sesuatu yang lain, atau terlepas dari pengetahuan orang. Pancasila sebagai suatu system filsafast berbeda dengan system-sistem filsafat lainnya misalnya liberalisme, materialisme, komunisme dan aliran filsafat lainnya. Oleh karena itu pancasila sebagai suatu system filsafat akan memberikan cirri-ciri yang khas, yang khusus yang tidak terdapat pada system filsafat lainnya. 

Kesatuan sila-sila pancasila 

Susunan pancasila adalah hierarkhis dan mempunyai bentuk pyramidal. Pengertian pyramidal pancasila digunakan untuk menggambarkan hubungan hierarkhi sila-sila dari pancasila dalam urut-urutan luas (kwantitas) dan juga dalam hal sifat-sifatnya (kwalitas). Kalau dilihat dari intinya, urut-urutan lima sila menunjukkan suatu rangkaian tingkat dalam luasnya dan isi sifatnya, merupakan pengkhususan dari sila-sila dimukanya. Secara ontologis kesatuan sila-sila pancasila sebagai suatu system bersifat hierarkhis dan berbentuk pyramidal adalah sebagai berikut : bahwa hakikat adanya Tuhan adalah ada karena dirinya sendiri. Oleh karena itu segala sesuatu yang ada termasuk manusia ada karena diciptakan Tuhan atau manusia ada sebagai akibat adanya Tuhan. Sila-sila pancasila sebagai kesatuan dapat dirumuskan pula dalam hubungannya hierarkhis piramida tadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pancasila sebagai sistem filsafat"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar