ILMU ADMINISTRASI DAN KEDUDUKANYA DALAM DUNIA ILMU

ILMU ADMINISTRASI DAN KEDUDUKANYA DALAM DUNIA ILMU Pengertian Ilmu Administrasi Terkumpulnya sekelompok pengetahuan teratur yang mengandung sistem, asas, prosedur, teknik, dan pedeoman kerjasama itu. Pengetahuan teratur yang berasaskan administrasi ini disebut Ilmu administrasi Sarjana Luther Gulick memberi ketegasan mengenai ilmu administrasi sebagai berikut ilmu administrasi adalah sistem pengetahuan, dengan pengetahuan tersebut manusia dapat mengerti hubungan-hubungan, meramalkan akibat-akibat, dan mempengaruhi hasil-hasil pada sesuatu keadaan dimana orang-orang secara teratur kerjasama muntuk tujuan bersama. 
Ilmu administrasi adalah bagian dari ilmu sosial. Ilmu sosial dalam kuantitatif jarang diterima, karena ilmu administrasi tidak mempunyai hukum-hukum eksakta maka ditolak sebagai ilmu. Maka dari itu ilmu sosial membuat seperti A = 4 B = 3 C = 2 D = 1 Jadi sama seperti ilmu-ilmu eksakta bisa dimegerti atau dipahami banyak orang. 
Maka kuntitatif dirubah menjadi kualitatif. Mosher memberi pendapat bahwa pengetahuan tentang administrasi merupakan bidang yang berhak mendapat pengakuan tersendiri karena mempunyai kegunaan, cara-cara penelahaan ilmiah, titik tinjauan, dan kebulatan yang cukup. Penjelasan dari beberapa pendapat para ahli tersebut membuktikan administrasi adalah sebagai berikut: Penelahaan terhadap administrasi mengenal cara-cara yang secara ilmiah dapat dipertanggung jawabkan. 
Pengetahuan pada dasarnya yang paling sederhana berarti sesuatu yang diketahui. Pokok soal saja tidak memadai untuk menjelaskan selengkapnya pengertia ilmu, apalagi untuk membahas perbedaan antara ilmu-ilmu khusus yang satu dengan yang lainnya. Lebih lanjut ilmu bercirikan empiris, sistematis, objektif, dan analistis. Dibawah ini dicantumkan majalah-majalah kejuruan dari seluruh dunia yang membahas administrasi, yang khusus hanya memuat karangan-karangan tentang administrasi atau namanya memakai istilah administrasi. 
(a) Amerika Serikat 1. Administrative Science Quarterly 2. Public Administration Review 
(b) Argentina Revista de administration publica 
(c) Australia Publik administrarion 
(d) Belanda Bestuurswetenschappen 
(e) Belgia International Review of Administrative Sciences 
(f) India Indian Journal of Public Administration 
(g) Inggris 1. Journal of African Administration 2. Public Administration 
(h) Irlandia Administration 
(i) Jugoslavia Nova Administracija 
(j) Perancis Revue Administrative 
(k) Philipina Philippine Journal of Public Administration 
(l) Selandia Baru New Zealand Journal of Pub;ic Administration 
(m) Spanyol Revista de Administracion Publica 
(n) Sri Lanka Journal of Public Administration 
(o) Turki Idare Dergisi (Revue d,administration)
Pertautan dengan Ilmu-Ilmu Lain Suatu ilmu sosial adalah sekelompok pengetahuan dan pemikiran mengenai urusan-urusan yang dibedakan dengan batang kayu, batu, binatang, dan benda-benda fisik. Menurut Seligman, ilmu-ilmu yang benar-benar tergolong sebagai ilmu sosial ada 7 macam, yaitu ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu sejarah, ilmu hukum. Antropologi, ilmu tentang kejahatan, dan sosiologi. 
Karena ilmu administrasi juga berkenaan dengan kegiatan-kegiatan manusia dalam hidup berkelompok, maka ilmu ini juga tergolong sebagai ilmu sosial. Karerna itu adalah mengherankan bahwa Seligman dalam ensiklopedianya sampai cetakan ke-12 tahun 1957 belum mencantumkan ilmu administrasi sebagai salah satu cabang tersendiri dalam ilmu sosial. Ilmu administrasi sebagai cabang ilmu sosial yang kedudukanya setaraf dengan cabang-cabang ilmu sosial lainya telah dikembangkan sejak beberapa puluh tahun yang lampau. Sasaran ilmu administrasi sangat luas. Kerjasama sekelompok menusia dapat mempunyai ciri-ciri yang bermacam-macam. 
Segenap metode ilmiah yang dikenal dalam ilmu-ilmu sosial dapat dipergunakan untuk ilmu administrsi sesuai dengan kebutuhannya pada sesuatu waktu. Metodemetode ini antaras lain ialah metode pengamatan, metode statistik, metode perbandingan, metode perbandingan, metode pemeriksaan, dan metode kasus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ILMU ADMINISTRASI DAN KEDUDUKANYA DALAM DUNIA ILMU "

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar