Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)

Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology) - Menurut Ward dan Peppard (2002, p70-72) analisis PEST adalah analisis terhadap faktor lingkungan eksternal bisnis yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosialdan teknologi. PEST digunakanuntuk menilai pasar dari suatu unit bisnis atau unit organisasi. Arah analisis PEST adalah kerangkauntuk menilai sebuah situasi, dan  menilai  strategi  atau  posisi,  arah  perusahaan,  rencana  pemasaran  atau  ide. Dimana analisis ini dapat diambil suatu peluang atau ancaman baru bagi perusahaan.
a)  Faktor Politik
Faktor  politik  meliputi  kebijakan  pemerintah,  masalah-masalah hukum, serta mencakupaturan-aturan formal dan informal dari lingkungan dimana perusahaan melakukan kegiatan. Contoh : kebijakan tentang pajak, peraturan ketenaga kerjaan, peraturan perdagangan, stabilitas politik dan peraturan daerah.
b)   Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi meliputisemua faktor yang mempengaruhi daya pembelian dari pelanggandan mempengaruhiiklim dari bisnis suatu perusahaan. Contoh : pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, standar nilai tukar, tingkat inflasi, hargaharg produk dan jasa.
c)    Faktor Sosial
Faktor sosial meliputisemua faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan dari pelanggan dan mempengaruhi ukuran dari besarnya pangsa pasar yang ada. Contoh : tingkat pendidikan masyarakat, tingkat pertumbuhan penduduk, kondisi lingkungan sosial, kondisi lingkungan kerja, keselamatan dan kesejahteraan sosial.
d)  Faktor Teknologi
Faktor teknologi meliputi semua hal yang dapat membantu dalam menghadapi tantangan bisnis dan mendukungefisiensi proses bisnis. Contoh : aktivitas penelitian dan pengembangan teknologi, automatisasi, kecepatan transfer teknologi, tingkat kadarluasa teknologi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis PEST (Politic, Economic, Social, Technology)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar