Contoh Permasalahan Kajian Penelitian

Permasalahan Kajian
Pengajuan usul pemekaran kabupaten Indragiri Hilir (INHIL) menjadi tiga daerah otonom baru yaitu Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hilir Selatan dan Kota Indragiri pada prinsipnya perlu menjadi perhatian Pemerintah Pusat pada khususnya dan pemerintah daerah pada umumnya karena sesuai dengan berbagai alasan yang telah dikemukakan diatas. Namun demikian pemekaran suatu kabupaten dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang tidak diinginkan. Permasalahan yang perlu diantisipasi adalah terjadinya perebutan sumber daya, sumber-sumber pendapatan daerah, kekayaan daerah, maupun hutang piutang antara kabupaten baru dengan kabupaten induknya.

Pembentukan suatu daerah otonom baru pada hakekatnya bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan karena itu juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu yang harus dihindari adalah jangan sampai kinerja kabupaten induk setelah pemekaran menjadi lebih buruk daripada pemerintah daerah yang baru dibentuk. Apabila hal itu terjadi maka dapat muncul berbagai masalah baru yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah setempat maupun secara nasional.

Atas dasar itu maka usulan pemekaran kabupaten perlu dikaji secara mendalam mengenai kelayakannya. Oleh karena itu pertanyaan pokok dalam kajian ini dirumuskan sebagai berikut:
a)  Apakah calon Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hilir Selatan, dan Kota Indragiri telah memenuhi persyaratan atau kelayakan untuk menjadi Kabupaten serta menjadi Pemerintah Kota (PEMKO), ditinjau dari aspek kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, jumlah penduduk, luas daerah, pertahanan, keamanan, kemampuan keuangan, tingkat kesejahteraan masyarakat dan rentang kendali serta pertimbangan lain yang memungkinkan terselenggaranya otonomi daerah sesuai dengan PP No. 78 Tahun 2007  tentang tata cara pembentukan, penghapusan, dan penggabungan daerah,  sebagaimana yang diamanatkan oleh UU No. 32 Tahun 2004.
b)  Apakah dampak pemekaran Kabupaten Inhil atau pembentukan Kota Indragiri dan Kabupaten Inhil Selatan terhadap  kabupaten induknya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Permasalahan Kajian Penelitian"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar