Makalah, Pancasila Sebagai Falsafah Negara

1.1 Latar Belakang Masalah
Sebagai falsafah negara, tentu Pancasila ada yang merumuskannya. Pancasila memang merupakan karunia terbesar dari Allah SWT dan ternyata merupakan light-star bagi segenap bangsa Indonesia di masa-masa selanjutnya, baik sebagai pedoman dalam memperjuangkan kemerdekaan, juga sebagai alat pemersatu dalam kehidupan berbangsa, serta sebagai pandangan hidup untuk kehidupan manusia Indonesia sehari-hari. Pancasila lahir 1 Juni 1945, ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945. Bunyi dan ucapan Pancasila yang benar berdasarkan Inpres Nomor 12 tahun 1968 adalah Satu, Ketuhanan Yang Maha Esa. Dua, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, Persatuan Indonesia. Empat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Lima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah Indonesia telah mencatat bahwa di antara tokoh perumus Pancasila itu ialah, Mr. Mohammad Yamin, Prof. Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Dapat dikemukakan mengapa Pancasila itu sakti dan selalu dapat bertahan dari guncangan kisruh politik di negara ini, yaitu pertama ialah karena secara intrinsik dalam Pancasila itu mengandung toleransi, dan siapa yang menantang Pancasila berarti dia menentang toleransi.

Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia yang harus diketahui oleh seluruh warga negara Indonesia agar menghormati, menghargai, menjaga dan menjalankan apa-apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan khususnya pahlawan proklamasi yang telah berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia ini. Sehingga baik golongan muda maupun tua tetap meyakini Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tanpa adanya keraguan guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Bagian Dari Makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Makalah, Pancasila Sebagai Falsafah Negara
  2. Pengertian Filsafat Menurut Tokoh-Tokoh Filsafat
  3. PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
  4. Penutup, Makalah Pancasila Sebagai Falsafah Negara
1.2 Topik Bahasan
Masalah yang nantinya akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

1.2.1 Pengertian Filsafat,
1.2.2 Manfaat Mempelajari Filsafat,
1.2.3 Pengertian Filsafat Pancasila,
1.2.4 Pancasila Sebagai Sistem Filsafat.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu:
  1. Untuk mengetahui pengertian tentang Filsafat.
  2. Mengetahui manfaat dalam mempelajari Filsafat.
  3. Mengetahui pengertian tentang Filsafat Pancasila.
  4. Mengetahui Pancasila sebagai sitem Filsafat.
  5. Bagi dosen, sebagai tolak ukur atau penilaian terhadap mahasiswa dalam mema­ha­mi­ Pancasila sebagai sistem filsafat.
  6. Bagi penulis, sebagai sarana yang bermanfaat untuk memperoleh keterampilan dala­m mela­kukan penulisan dan perbendaharaan pengetahuan tentang pancasila sebagai sistem filsafat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah, Pancasila Sebagai Falsafah Negara"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar