Video Vevo.com dengan Youtube

Video Vevo.com dengan Youtube - Jika kita menonton video musik di youtube sebagian video ada yang bertuliskan Vevo, misalnya Rihanna VEVO, Justin BieberVEVO dll, apakah arti VEVO itu? VEVO adalah situs musik yang dilindungi hak cipta dan punya lisensi khusus untuk mengunggah video para musisi dengan kualitas suara dan gambar yang jauh lebih baik (High Definition/HD antara 720p -1080p).

VEVO mengunggah berbagai video musik dari tiga label besar, yaitu Universal Music Group, Sony Music Entertainment dan EMI. Pada awalnya,Warner Music sempat mempertimbangkan untuk menyediakan kontennya di VEVO, tapi Warner akhirnya  membentuk wadah baru sebagai saingan VEVO bersama MTV Networks.

VEVO dibentuk karena banyaknya video para musisi yang diunggah secara bebas oleh siapapun ke Youtube dan hal itu dianggap merugikan pihak label dan musisi itu sendiri. 3 perusahaan besar yaitu Sony, Universal dan Abu Dhabi Media berkolaborasi membentuk VEVO untuk memperoleh keuntungan yang lebih baik dari youtube. Setelah ada kesepakatan antara VEVO dan Youtube, tanggal 8 Desember 2009 VEVO diresmikan penggunaannya.

Website vevo.com saat ini bisa diakses di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Spanyol, Yunani, Italia, Perancis Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Brasil. Sebenarnya website ini dijadwalkan untuk bisa diakses diseluruh dunia tahun 2010, namun hingga saat ini, VEVO belum tersedia dinegara diluar daftar tadi, termasuk Indonesia.

Walau website vevo.com belum bisa diakses diseluruh dunia, tapi sebagian besar video VEVO dapat diakses di berbagai negara. Untuk video yang tidak dapat ditampilkan, akan muncul pesan: “This video contains content from Vevo, who has blocked it in your country on copyright grounds.” Yang artinya video tersebut tidak dapat ditampilkan karena masalah hak cipta. Orang yang mengunggah video dari musisi yang hak siarnya dipegang oleh VEVO, video-nya akan diblokir oleh YouTube.

Berapa Pembagian Keuntungan Antara VEVO dan Label?
Menurut Wallstreet Journal VEVO membayar Label USD 70.000 untuk 10 juta klik sementara sebelum ada VEVO, Youtube hanya membayar USD 30.000 untuk 10 juta klik . Menurut VEVO pembagian keuntungan biasanya 40% musisi dan 10% publisher lalu pembagian keuntungan antara VEVO dan Youtube dari setiap video yang berlabel VEVO adalah 65% VEVO dan 35% Youtube.

Misalkan 1 video  dilihat 10 Juta kali, keuntungan total VEVO dari iklan yang dipasang divideo penyanyinya misalnya USD 100.000 berarti bagian untuk VEVO USD 30.000 dan label USD 70.000 kemudian jumlah USD 70.000 itu dibagi lagi untuk penyanyi USD 40.000 untuk publisher USD 10.000 dan Label USD 20.000.

Perhitungan ini hanya perkiraan berdasarkan pernyataan VEVO bahwa dia membayar USD 70.000 per 10 juta klik di Youtube. Fakta dilapangan bisa saja berbeda karena tergantung perjanjian antara VEVO, Label, musisi dan publisher.

Berapa kira-kira Carly Rae Jepsen dan Justin Bieber meraup uang dari VEVO?
Video : “Call Me Maybe”
Musisi : Carly Rae Jepsen
Jumlah penonton/klik: 415.106.066
Estimasi royalti  yang didapat Carly:  USD 921.535 -  USD 1.037.765
Video: “Baby”
Musisi : Justin Bieber
Jumlah klik : 835.174.296
Estimasi royalti yang diraih Justin Bieber: USD 1.854.086 - USD 2.087.935
Siapa Saja Musisi Indonesia Yang bergabung di VEVO?
Saat ini belum banyak musisi Indonesia yang berada dibawah naungan VEVO karena sebagian besar penyanyi Indonesia ditangani label dalam negri. Misalnya penyanyi sekaliber Agnes Monica tidak bergabung dengan VEVO karena labelnya Aquarius kecuali jika Agnes “go international” dan berada dibawah naungan SONY, EMI atau Universal dia bisa punya channel khusus di VEVO. Judika, Sheila on 7 dan Ello adalah beberapa musisi yang sudah bergabung dengan VEVO.

Sementara pemenang X factor Fatin Shidqia, labelnya adalah SONY berarti Fatin bisa punya  channel VEVO. Suatu keuntungan tersendiri buat Fatin mengingat VEVO membayar lebih besar dari youtube dan situs musik yang lainnya (misalnya spotify dan pandora) apalagi Fatin mampu meraih jutaan klik di Youtube.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Vevo
http://amarudontv.com/how-much-do-the-artists-make/
http://atrl.net/forums/showthread.php?t=124233
http://vevo-has-paid-out-100-million-to-songwriters-artists-publishers-labels
Source : http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/06/22/keuntungan-menggiurkan-dari-vevo-567499.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Video Vevo.com dengan Youtube"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar