Wawancara Kerja, Pekerjaan yang Paling Kreatif

"Coba ceritakan kepada saya proyek paling kreatif yang pernah Anda kerjakan."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Waktu itu saya membuat sebuah serial pelajaran multimedia yang berdasarkan pada sejarah film dengan memasukkan potongan-potongan gambar film dari berbagai film layar lebar dan acara TV yang sudah bertahun-tahun untuk mendukung saya dengan hal-hal baru yang sedang saya coba. Saya mendapat ide untuk mempersembahkan film-film yang pernah mendapat penghargaan selama 50 tahun terakhir dan memperlihatkan bagaimana komputerisasi dapat saja mengubah efeknya. Lalu saya menggunakan teknik-teknik yang dipakai pada zaman sekarang ini untuk mendemontrasikan seberapa jauh film telah maju. Kru yang bekerja bersama saya memberikan pujian yang sangat tinggi atas cara saya yang orisinil dalam mempresentasikan ide itu, dengan menggunakan teknologi mutakhir yang tersedia.

(B) Saya berusaha untuk melakukan suatu hal yang baru pada semua proyek saya daripada mengulang-ulangi barang lama yang sama. Baru-baru ini saya menggarap sebuah proyek tentang sejarah perfilman yang hasilnya lebih baik dari yang diduga. Rahasia kreativitas saya adalah melihat pada apa yang pernah dikerjakan sebelumnya dan mencoba sesuatu yang sama sekali baru. Saya terkenal di kalangan teman-teman sekerja dan orang-orang yang bekerja bersama saya karena keorisinilan dan kreativitas yang saya miliki. Saya telah bekerja di panggung nasional dan internasional dan memiliki sebuah pandangan yang luas atas apa yang dibutuhkan untuk kreatif dalam bisnis ini.

(C) Dalam bisnis saya adalah suatu hal yang benar-benar penting untuk "berpikir keluar dari kotak." Setiap proyek yang saya kerjakan menghadirkan sebuah tantangan baru. Apakah saya bekerja untuk koleksi privat atau pameran musium atau bekerja pada film-film pendek aksi nyata, saya senang sekali dengan tantangan dari media tersebut. Saya terkenal karena pekerjaan saya dalam bidang perfilman dan selama ini mendapatkan pujian yang sungguh serius, termasuk dari kru kamera saya. 

Jawaban Terkuat

(A) Jawaban ini memberikan sebuah contoh yang jelas tentang apa yang Anda lakukan pada waktu itu dan metode-metode yang Anda gunakan untuk mencapai hasil yang sukses. Ini juga sebuah contoh yang bagus dengan membuat sang pewawancara tahu bahwa Anda pernah melakukan pekerjaan seperti ini sebelumnya dan dapat melakukannya kembali. Dengan menyebutkan bahwa sang kru sangat respek pada pekerjaan Anda adalah sebuah cara yang baik sebagai endorsemen dari orang yang pernah bekerja bersama Anda.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak sekuat (A) karena tidak jelas. Ia menyentuh sebuah proyek yang spesifik namun tidak memberikan rincian yang akan membuat sang pewawancara tahu keahlian-keahlian yang digunakan dan metode kerja Anda. Jawaban ini memiliki materi yang bagus namun perlu ditambahi rincian untuk memberikan gambaran yang baik tentang diri Anda.

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini gagal untuk fokus pada kreativitas. Ia memperlihatkan sebuah minat yang jelas pada film dan antusiasme pada media yang berbeda, namun tidak menyebutkan suatu proyek yang pernah Anda kerjakan yang akan membuat sang pewawancara tahu secara spesifik bagaimana cara Anda melakukan pekerjaan kreatif Anda. Bahkan endorsemen yang diberikan pun terlalu umum untuk bisa dibilang berarti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wawancara Kerja, Pekerjaan yang Paling Kreatif"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar