Pengertian Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Berikut ini adalah Penjelasan tentang Pengertian Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Selain itu juga, disini akan di jelaskan apa Tujuan dan Tujuan Khusus dari Program KIA tersebut

1. Pengertian Program KIA
Upaya Kesehatan ibu dan anak adalah upaya dibidang   kesehatan yang menyangkut   pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu  meneteki, bayi dan anak balita serta anak prasekolah.

2. Tujuan Program KIA
Tujuan Program Kesehatan Ibu dan anak (KIA) adalah tercapainya kemampuan hidup sehat   melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, bagi ibu dan keluarganya untuk  menuju Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) serta meningkatnya derajat   kesehatan anak untuk menjamin proses tumbuh kembang optimal yang merupakan   landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya.


Sedangkan tujuan khusus program KIA adalah :

Ø Meningkatnya kemampuan ibu (pengetahuan , sikap dan perilaku), dalam mengatasi   kesehatan diri dan keluarganya dengan menggunakan teknologi tepat guna dalam   upaya pembinaan kesehatan keluarga,paguyuban 10 keluarga, Posyandu dan   sebagainya.

Ø Meningkatnya upaya pembinaan kesehatan balita dan anak prasekolah secara   mandiri di dalam lingkungan keluarga, paguyuban 10 keluarga, Posyandu, dan Karang   Balita serta di sekolah Taman Kanak-Kanak atau TK.


Ø Meningkatnya jangkauan pelayanan kesehatan bayi, anak balita, ibu hamil, ibu   bersalin, ibu nifas, dan ibu meneteki.


Ø Meningkatnya mutu pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, nifas, ibu meneteki,   bayi dan anak balita.

Ø Meningkatnya kemampuan dan peran serta masyarakat , keluarga dan seluruh   anggotanya untuk mengatasi masalah kesehatan ibu, balita, anak prasekolah,   terutama melalui peningkatan peran ibu dan keluarganya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar