Pengertian Abstrak dan Kata Kunci

Pengertian Abstrak dan Kata Kunci - Abstrak adalah ringkasan tulisan. Dengan membaca abstrak orang akan tahu isi secara singkat karya ilmiah tersebut. Oleh karena itu, dalam abstrak harus tercakupi seluruh bagian isi karangan, dari pendahuluan sampai penutup (ada alasan, permasalahan, kajian pustaka, metode, hasil dan pembahasan, serta simpulan –untuk artikel ilmiah dari hasil penelitian—dan harus ada latar belakang, permasalahan, pembahasan, dan penutup--untuk artikel ilmiah yang bersifat konseptual). Penekanan isi abstrak ada pada hasil pembahasan. Pada umumnya abstrak disajikan dalam satu paragraf dengan menggunakan tidak lebih dari 200 kata. 

Untuk istilah abstrak, ada yang membedakannya dengan ringkasan. Abstrak diartikan lebih pendek daripada ringkasan. Dalam hitungan angka, jika abstrak biasanya tidak lebih dari 200 kata, maka untuk ringkasan bisa sampai pada 500 kata. Sementara itu, ada orang yang menyamakan kedua istilah tersebut. Istilah lain yang biasanya disamakan dengan abstrak atau ringkasan adalah sari. 

Kata kunci adalah kata-kata atau istilah yang dianggap penting dan mutlak harus diketahui pembaca dalam sebuah artikel ilmiah. Kata kunci biasanya diambil dari kata atau istilah yang terdapad dalam judul. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kata kunci kita ambil dari isi karangan. Jumlah kata kunci biasanya berkisar antara 3 dan 5. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Abstrak dan Kata Kunci"

Post a Comment

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar